Wahyuni, Tuty Indra (2025) Pengembangan E-LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
2025(2) - TUTY INDRA WAHYUNI T-BAB I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2025(2) - TUTY INDRA WAHYUNI T-BAB II-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kompetensi penting dalam pembelajaran matematika karena mendorong peserta didik berpikir kritis dan sistematis. Namun, hasil tes awal dan wawancara di SMP Negeri 5 Padang Panjang menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal berbasis pemecahan masalah, khususnya pada materi bentuk aljabar. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kemampuan mengidentifikasi masalah, dominasi soal rutin, serta kurangnya media pembelajaran kontekstual dan interaktif. Salah satu pendekatan yang relevan untuk mengatasi permasalahan ini adalah Realistic Mathematics Education (RME). Menurut Tandailing dalam Dani et al. (2017), kelebihan RME antara lain menjadikan matematika lebih bermakna dan kontekstual, memberi ruang bagi peserta didik dalam menemukan konsep, serta mendorong pembelajaran berbasis pengalaman nyata. Namun, pendekatan ini juga memiliki kekurangan, seperti dominasi peserta didik pandai dalam diskusi, keterbatasan pemahaman pendidik, serta tantangan penerapan di kelas besar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) sebagai prosedur pengembangan E- LKPD berbasis RME. Instrumen yang digunakan meliputi wawancara, angket validasi, praktikalitas, serta tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif menggunakan aplikasi SPSS. Setiap tahap pengembangan memungkinkan dilakukan revisi berdasarkan masukan ahli dan peserta didik, guna memastikan produk yang dihasilkan layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis RME ini dinyatakan sangat valid dengan rata-rata 84,72%, sangat praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan rata-rata 95,96%, dan sangat efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan rata-rata hasil belajar 91,15%. Dengan demikian, E-LKPD ini layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika yang bermakna, kontekstual, dan mampu meningkatkan keterlibatan serta kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > Pendidikan Matematika H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Divisions: | Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Pendidikan Matematika Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
| Date Deposited: | 19 Nov 2025 07:03 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 07:03 |
| URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
