Desmajuwitta, Desmajuwitta (2022) Pembudayaan Nilai-nilai Religius dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
TESIS DESMAJUWITTA OK.pdf Download (7MB) |
Abstract
Desmajuwitta. NIM: 180600286108033, “Pembudayaan Nilai-nilai Religius dalam Pembentukan Akhlak Peserta Didik untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Gambaran akhlak peserta didik di SMAN 1 V Koto Timur (2) Pembudayaan nilai religius dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMAN 1 V Koto Timur (3) Dampak pembudayaan nilai religius dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMAN 1 V Koto Timur (4) Faktor pendukung dan penghambat pembudayaan karakter religius dalam pembentukan akhlak. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode pendekatan kualitatif (field Research) dengan prosedur penelitian kualilatif deskriptif. Mengenai sumber data yang penulis gunakan adalah guru Pendidikan agama Islam dan majlis guru serta peserta didik SMAN 1 V Koto Timur. Sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian: (1) Gambaran akhlak peserta didik di SMAN 1 V Koto Timur memiliki akhlak yang baik dan sudah sesuai dengan harapan.(2)Pembudayaan nilai-nilai religius dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMAN 1 V Koto Timur adalah berdampak sangat baik, ini terlihat dari perilaku yang dicerminkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. (3) Dampak pembudayaan nilai-nilai religius dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMAN 1 V Koto Timur adalah: berdampak positif dengan berubahnya akhlak peserta didik kearah yang lebih baik.(4) Faktor pendukung dan penghambat pembudayaan karakter religius dalam pembentukan akhlak peserta didik, terdapat factor dari dalam dan factor dari luar. Faktor pendukung dari dalam yaitu, keluarga, guru, lingkungan, fasilitas, dan masyarakat. Faktor penghambat dari luar yaitu: keluarga, sekolah, media, masyarakat. Kata Kunci: Nilai-nilai Religius, Akhlak, Efektifitas Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 02:24 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:51 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/414 |
Actions (login required)
View Item |