Peran Keteladanan Guru Dalam Pembentukkan Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bukittinggi

Zefri, Fahmi (2022) Peran Keteladanan Guru Dalam Pembentukkan Karakter Religius Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bukittinggi. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
TESIS.pdf

Download (6MB)

Abstract

Madrasah merupakan lembaga pendidikan Islam dibawah kementrian agama yang menjadi harapan masyarakat untuk dapat memberikan ilmu dasar agama. Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bukittinggi mengapungkan programnya dalam visi yaitu “Terwujudnya Generasi yang Saleh, Kokoh Dalam Imtak, Unggul dalam IPTEK, Berprestasi Optimal, Peduli Sosial dan Lingkungan” Generasi yang saleh yang diharapkan adalah generasi yang mempunyai karakter religius. Keteladanan dalam pendidikan adalah metode influentif yang paling meyakinkan dalam keberhasilan mempersiapkan dan membentuk anak meliputi moral, spiritual dan sosial. keteladanan dalam tulisan ini adalah segala sesuatu yang terkait dengan perkataan, perbuatan, sikap, dan prilaku seseorang yang dapat ditiru atau diteladani oleh pihak lain. Sedangkan guru atau pendidik adalah pemimpin sejati, pembimbing dan pengarah yang bijaksana, pencetak para tokoh dan pemimpin umat Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran keteladanan guru berperan aktif menjadi murabbi, muallim dan muaddib dalam pembentukan karakter religius peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bukittinggi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Temuan penelitian adalah Peran keteladanan guru dalam pembentukkan karakter religius peserta didik baik itu peran seabagai murabbi, peran sebagai muallim dan peran sebagai muaddib di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bukittinggi, dapat dilaksankan dengan baik karena sistim yang sudah dibentuk oleh madrasah. Kata Kunci : Peran Keteladanan Guru, Karakter Religius Peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Keteladanan Guru, Karakter Religius Peserta didik.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:04
Last Modified: 19 Sep 2024 08:31
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/416

Actions (login required)

View Item View Item