Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an di SMPN 43 Padang

wulandari, wulandari Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an di SMPN 43 Padang. Other thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

“Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur’an di SMPN 43 Padang” oleh Wulandari, NIM: 20030036 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Al-Qur‟an di SMPN 43 Padang dan mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur‟an di SMPN 43 Padang serta metode dan strategi apa saja yang dilakukan agar bisa mengatasi kesulitan belajar membaca Al-Qur‟an. Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian untuk mengecek keabsahan data menggunakan tringulasi yaitu pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan berbagai waktu. Pengelolaan data diambil ketika peneliti dilapangan dan setelah dikumpulkan data dari lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan pada pengucapan huruf hijaiyah, huruf-huruf yang bersambung, penguasaan tajwid, serta panjang pendek dalam membaca Al-Qur‟an. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor peserta didik itu sendiri, faktor waktu, kurangnya perhatian orang tua, serta faktor sarana dan prasarana di sekolah tersebut. Peranan guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur‟an pada peserta didik dirasa cukup optimal. Diantaranya yaitu adanya rutinitas membaca Al-Qur‟an sebelum memulai pembelajaran selama lima belas menit, menuliskan huruf-huruf yang sama dipapan tulis kemudian mengejanya secara bersama-sama lalu di bacaan tersebut diulang kembali secara sendiri-sendiri, bagi yang kesulitan membaca huruf yang bersambung hal serupa juga dilakukan yaitu menuliskan huruf-huruf tersebut kemudian menyambungkan huruf-huruf ijaiyah agar terlihat jelas ketika huruf tersebut bersambung, memberikan waktu tambahan diluar jam pelajaran. Selanjutnya metode yang digunakan adalah dengan cara mewajibkan bagi yang masih iqro‟ agar datang kesekolah untuk belajar tambahan dalam membaca Al-Qur‟an, sedangkan untuk strategi dalam pembelajaran membaca Al�Qur‟an agar tidak membosankan maka dilakukan dengan teman sejawat (menyimak bacaan teman). Selanjutnya memberikan tugas dirumah. Kata Kunci: Kesulitan Membaca Al-Qur’an, Usaha Guru PAI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 23 Sep 2022 02:06
Last Modified: 23 Sep 2022 02:38
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item