Tatis, Arni and Riki, Saputra and Ahmad, Lahmi (2022) PENGARUH PERAN KEPALA MADRASAH DAN STRATEGI GURU TERHADAP PENGUATAN NILAI MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH TSANAWIYAH1. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10 (7). pp. 2404-2412. ISSN 2550-0813
Text
Pengaruh.pdf Download (319kB) |
Abstract
Kepala sekolah memiliki tanggungjawab terhadap berbagai arah pengembangan yang diharapkan di sekolah tanpa terkecuali moderasi beragama peserta didik. Moderasi beragama di madrasah dibutuhkan untuk menciptakan suasana kenyamanan bagi warga madrasah dalam menjalankan agamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh peranan kepala madrasah dan strategi guru terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama. Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Penelitian ini menganalisis tiga variabel dengan variabel bebas sebanyak dua buah dan variabel terikatnya satu. Populasi penelitian adalah seluruh warga MTs Negeri 2 Kota Sawahluto, sedangkan sampel terdiri dari 10 orang guru dan 30 orang siswa dari tingkatan kelas yang berbeda-beda. Instrumen pengumpulan data menggunakan form observasi lingkungan madrasah dan angket yaitu angket peranan kepala madrasah, strategi guru dan nilai-nilai moderasi beragama. Analisis data terdiri dari analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pada analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji korelasi berganda. Hasil penelitian diketahui bahwa peranan kepala madrasah dan strategi guru berpengaruh terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama. Pengaruh peran kepala madrasah terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Sawahlunto mempunyai nilai product moment sebesar 0,008 dengan tingkat korelasi sebesar 0,885 yang menunjukkan korelasi yang sangat tinggi. Pengaruh strategi guru terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Sawahlunto mempunyai nilai product moment sebesar 0,025 dengan tingkat korelasi sebesar 0,741 yang menunjukkan korelasi yang tinggi. Selain itu, peran kepala madrasah dan strategi guru sama-sama memberikan pengaruh terhadap penguatan nilai-nilai moderasi beragama di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Sawahlunto. Pengaruh ini diperlihatkan dari hasil uji ganda dengan nilai sebesar 0,032 < 0,05 yang menunjukkan hubungan antara variabel simultan dengan nilai korelasi sebesar 0,762 yang berarti hubungan antar variabel kuat
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 10:05 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 10:05 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/513 |
Actions (login required)
View Item |