PERANAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK (STUDI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PADUSUNAN PARIAMAN)

Yuni, Fitri (2022) PERANAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK (STUDI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PADUSUNAN PARIAMAN). Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Other
YUNI FITRI.PDF

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: Peranan Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlak Peserta Didik (Studi di Madrasah Aliyah Negeri Padusunan, Pariaman). Oleh Yuni Fitri, Nim: 1806002012007. Sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan yang memiliki peran yang sangat strategis dalam membentuk, membina, membangun, dan mengarahkan peserta didik. Namun demkian tidak sepenuhnya dapat memenuh harapan, fenomena itu ditandai dari kondisi moral atau akhlak generasi muda yang kurang baik, di lembaga pendidikan sendiri sering terjadi berbagai problem pendidikan dimana terdapat peserta didik yang melanggar peraturan sekolah seperti tidak mengerjakan tugas, menyontek, datang terlabat, dan membolos. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana gambaran akhlak peserta didik pada kelas XI IPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Padusunan, bagaimana peranan guru akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik, apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembinaan akhlak di MAN Padusunan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data didapat melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dengan pengumpulan data, triangulasi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menggambarkan bahwa akhlak peserta didik kelas XI IPA di MAN Padusunan sudah tergolong cukup baik hal ini dibuktikan dengan peserta didik sudah melakukan sholat berjamaah, bertegur sapa, menjaga lingkungan, hormat kepada guru, hormat kepada kakak kelas, saling menghargai sesama teman. Peranan guru akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik kelas XI IPA dilakukan melalui kegiatan tahfidz, setoran hafalan setiap hari Senin dan Jum‟at, muhadaroh disamping itu melalui pribadi guru sendiri ia berpenampilan baik, bertutur kata yang baik, tegas, berprilaku baik sebagai contoh teladan untuk peserta didik, serta tidak hanya dikelas saja informasi tentang kata-kata mutiara berakhlak baik yang ada didinding terpajang di MAN. Faktor pendorong dalam pembinaan akhlak peserta didik di kelas XI IPA yaitu keteladanan guru, kerja sama antar guru, fasilitas pendukung sarana dan prasarana, kebijakan kepala sekolah tentang akhlak, adanya kerja sama guru dalam membina akhlak peserta didik. Sedangkan faktor penghambat dalam pembinaan akhlak peserta didik kelas XI IPA yaitu kurangnya fasilitas, kurangnya kerja sama, lingkungan yang terbuka, kurangnya media, ditambah dengan tidak semua guru yang terlibat dalam proses pembinaan. Kata Kunci : Peranan, Guru, Akidah Aklahk, Madrasah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:00
Last Modified: 10 Oct 2022 08:00
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item