Sisri, Yanti (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DAN DAMPAKNYA DALAM MINAT BELAJAR MAHASISWA PAI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Other
SISRI YANTI.PDF Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul: “Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Dampaknya dalam Minat Belajar Mahasiswa PAI pada Masa Pandemi Covid-19 di UM Sumatera Barat” oleh: Sisri Yanti, NIM: 1806002012010 Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya semangat dan minat mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran secara daring karena biasanya mahasiswa terbiasa belajar di kelas tetapi karena adanya covid-19 menyebabkan mahasiswa harus belajar secara daring. Maka dari itu fokus penelitian pada penelitan ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring mahasiswa pendidikan Agama Islam UM Sumatera Barat pada masa pandemi Covid-19, bagaimana dampak pembelajaran daring mahasiswa pendidikan Agama Islam UM Sumatera Barat pada masa pandemi Covid-19, bagaimana minat belajar mahasiswa pendidikan Agama Islam UM Sumatera Barat pada masa pandemi Covid-19. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring, untuk mengungkap dampak pembelajaran daring dan untuk mengetahui minat belajar mahasiswa PAI di UM Sumatera Barat pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif deskriptif, data yang didapat melalui observasi, wawancara dan dokumentsi. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian ini penulis menggunakan tahapan dengan reduksi data, penyajian data, dan panarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi covid-19 di program studi pendidikan agama Islam secara keseluruhan menggunakan model pembelajaran daring dengan aplikasi yang digunakan berupa: whatsapp, zoom, google meet, classroom dan siak.umsb.ac.id. Dampak yang dihadapi oleh mahasiswa dan dosen seperti: ketersediaan kouta internet, jaringan yang kadang tidak stabil, dan juga komunikasi terjalin kurang lancar menyebabkan materi menjadi sulit dipahami. Kemudian minat belajar mahasiswa dengan pembelajaran daring bervariasi mulai dari sangat berminat dan juga jenuh, minat belajar mahasiswa pada saat proses pembelajaran daring adalah tergantung dosen dan sarana dan prasarana. Kata kunci: Pelaksanaan, pembelajaran daring, minat, covid-19.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 11 Oct 2022 02:58 |
Last Modified: | 11 Oct 2022 02:58 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/548 |
Actions (login required)
View Item |