PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMKN 01 RANAH AMPEK HULU TAPAN

SRI, WAHYULI (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMKN 01 RANAH AMPEK HULU TAPAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Other
SRI WAHYULI.PDF

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: ―Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SMKN 01 Ranah Ampek Hulu Tapan” oleh: Sriwahyuli, NIM: 1806002012012 Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya semangat dan minat peserta didik dalam mempelajari pendidikan Agama Islam seperti ketika proses Pembelajaran berlangsung dalam mata pelajaran PAI banyak para peserta didik yang keluar masuk kelas, mengantuk ketika guru memberikan pembelajaran, bolos, dan izin keluar kelas dengan waktu yang cukup lama. Maka dari itu fokus masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di sekolah, peran guru sebagai mediator dan evaluator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran guru dalam mengelola kelas, sebagai Mediator dan Evaluator di SMKN 01 Ranah Ampek Hulu Tapan. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif deskriptif. data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian ini penulis menggunakan tahapan reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Peran Guru pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SMKN 01 Ranah Ampek Hulu Tapan dalam mengajar melalui 3 peranan yaitu sebagai pengelolaan kelas, mediator dan evaluator. Bentuk pengelolaan kelas ada dua, fisik dan non fisik. Pengelolaan secara fisik Yaitu tentang kebersihan. Seperti merapikan tempat duduk. Untuk pengelolaan kelas non fisik yaitu tentang kedisplinan seperti memberikan hukuman kepada peserta didik. Dan perannya dalam mediator guru hanya memakai fasilitas yang telah disediakan di sekolah seperti papan tulis, dan buku. Sedangkan peran guru dalam evaluator mengevaluasi peserta didik dengan memberikan Quis, dan latihan soal. Kata Kunci : Peran Guru, Minat, Pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:05
Last Modified: 11 Oct 2022 03:05
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item