PENGGUNAAN TEKNIK AL’AB LUGHAWIYAH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII A DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH BATANG KABUNG

ZULVIKAR, ZULVIKAR (2022) PENGGUNAAN TEKNIK AL’AB LUGHAWIYAH DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII A DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH BATANG KABUNG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
ZULVIKAR.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nama Zulvikar Nim. 1806002013008 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Judul Skripsi “Penggunaan Teknik Al’ab lughawiyah Dalam Pembelajaran Mufradat Untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Batang Kabung”. Latar belakang yang terdapat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A masih pemula dalam mempelajari bahasa Arab, hal ini disebabkan oleh sebagian besar siswa baru mengenal bahasa Arab sehingga memiliki kesulitan dengan latar belakang yang berbeda dari siswa-siswi tersebut. Untuk itu seorang guru harus benarbenar dapat memilih dan menentukan teknik pengajaran bahasa Arab yang tepat dan cocok diterapkan dalam proses belajar mengajar, karena materi pelajaran yang disampaikan tanpa memperhatikan pemakaian teknik justru akan mempersulit bagi guru dalam pencapaian tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa aspek. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam proses belajar mengajar, kemudian macam-macam teknik pembelajaran yang digunakan, dan bagaimana hasil pembelajaran ketika permainan bahasa ini diterapkan pada proses pembelajan di kelas VIII A MTsTI Batang Kabung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan/field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk penyajian sumber datanya adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas VIII A yang dipilih secara acak, sedangkan sumber sekundernya adalah berupa dokumen-dokumen yang meliputi, hasil kerja siswa, profil sekolah, dan catatan hasil wawancara, teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian Menunjukkan siswa mengalami kesulitan ketika diminta berbicara atau berkomunikasi dalam bahasa Arab. Kesulitan ini disebabkan karena minimnya penguasaan mufradat siswa, dan ketidak tertarikan siswa belajar bahasa Arab sehingga menjadi faktor utama penyebab kesulitan tersebut. Dan ketika permainan bahasa arab yang berupa permainan mencocokkan gambar dan kata, permainan memilih kata dan huruf, permainan memilih kalimat, permainan melengkapi kalimat, dan cerita berantai diterapkan pada proses pembelajaran dikelas VIII A MTsTI Batang Kabung hasil pembelajaran menjadi lebih baik dan meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Pendidikan Bahasa Arab
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:02
Last Modified: 13 Oct 2022 03:02
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item