Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Peserta Didik Kelas XII di SMA Negeri 12 Sijunjung Tahun Pelajaran 2021/2022.

Latif, Khamdani (2022) Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Pada Peserta Didik Kelas XII di SMA Negeri 12 Sijunjung Tahun Pelajaran 2021/2022. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
20010009 TESIS LATIF KHAMDANI.pdf

Download (70MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas XII SMA Negeri 12 Sijunjung merupakan permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini. Kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan hasil belajar merupakan variabel penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh simultan kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual terhadap hasil belajar siswa dan (2) pengaruh parsial faktor tersebut terhadap hasil belajar siswa kelas XII.Populasi penelitian ini berjumlah 118 siswa Kelas XII yang terdaftar di SMA Negeri 12 Sijunjung tahun ajaran 2021/2022. Seluruh populasi, 118 orang, dijadikan sampel penelitian. Kuesioner model Skala Likert digunakan untuk mengumpulkan data dan diolah dengan Aplikasi komputer SPSS for Windows versi 22.00. yang selanjutnya akan digunakan untuk menganalisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat kontribusi Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Intelektual secara bersama-sama / serentak terhadap Hasil Belajar Peserta didik sebesar 71,1 %. Kalau dilihat pengaruhnya pada Persamaan Regresi yaitu Ŷ = 6,471 + 0.250 X1 + 0,289 X2 + 0,333 X3 Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Intelektual secara serentak terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Besarnya pengaruh dilihat dari F hitung 93,671 > F tabel 2,45 dengan nilai Sig 0,000 < dari 0,05. Pada nilai t hitung X1 terhadap Y sebesar 2,870 > t tabel 0,676, X2 terhadap Y nilai t hitung 3,665 > t tabel 0,67 dan X3 terhadap Y sebesar t hitung 4,386 > t tabel 0,67. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual semuanya harus diperhitungkan. Ini tidak berarti bahwa aspek lain seperti fasilitas, motivasi, kesempatan, keuangan, sistem pendidikan, disiplin, tanggung jawab, serta infrastruktur yang diberikan oleh pemerintah, tidak dipertimbangkan.. Kata Kunci : Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:47
Last Modified: 28 Aug 2024 02:12
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item