STRATEGI PENINGKATANMOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 05 KOTO SALAK KECAMATAN KOTO SALAK KABUPATEN DHARMASRAYA

IRA, WAHYUNI (2022) STRATEGI PENINGKATANMOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 05 KOTO SALAK KECAMATAN KOTO SALAK KABUPATEN DHARMASRAYA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Other
IRA WAHYUNI.PDF

Download (2MB)

Abstract

Tesis yang berjudul Strategi Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SDN 05 Koto Salak Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya ditulis oleh Ira Wahyuni, NIM. 20010050, Mahapeserta didik Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh profesionalisme guru, khususnya yang berada pada Pendidikan Agama Islam (PAI), yang kurang memperhatikan motivasi sebagai salah satu variabel yang sangat krusial dalam mencapai peningkatan dan ketepatan terhadap tujuan belajar. Dalam hal tersebut guru disyaratkan sebagai motivator yang mampu membangkitkan semangat belajar peserta didiknya. Permasalahan Guru PAI di SD N 05 Koto Salak, Kecamatan Salak, Kabupaten Darmasraya belum mampu sepenuhnya memenuhi syarat menjadi motivator bagi peserta didiknya. Peserta didik menghasilkan kebisingan, misalnya ketika guru menyajikan materi pelajaran di depan kelas, dan peserta didik sering masuk dan keluar selama jam pelajaran. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah dapat mengidentifikasi usaha guru sebagai instruktur PAI untuk meningkatkan proses belajar mengajar, dan membentuk mengkarakteristikan jenis motivasi yang mesti digunakan oleh guru PAI dalam memberi motivasi peserta didiknya untuk belajar dan menyoroti setiap kendala yang didapati oleh guru PAI. Guru PAI yang bekerja dengan peserta didik dapat membantu mereka menjadi lebih tertarik untuk belajar. Penelitian lapangan atau field research digunakan dalam penelitian ini sebagai metodologi deskriptif. Sedangkan karena populasinya kurang dari seratus, maka penulis menggunakan total sampling yang meliputi 1 responden dari guru PAI dan kepala sekolah, dan anak dipilih secara acak karena populasinya lebih besar dari seratus. Dan ada 27 orang yang mengikuti penelitian. Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan di SDN 05 Koto Salak Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya, penulis dapat meyimpulkan bahwa strategi yang diberikan terhadap peserta didik oleh guru PAI sudah dilaksanakan dengan baik namun belum berhasil sesuai dengan ideal yang diharapkan, dikarenakan oleh beberapa factor kendala yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran PAI. Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran PAI dan motivasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2022 04:34
Last Modified: 19 Oct 2022 04:34
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item