Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek RSUD Prof. Dr. Ma. Hanafiah SM Batusangkar Tahun 2022

Memi, Silvia (2022) Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek RSUD Prof. Dr. Ma. Hanafiah SM Batusangkar Tahun 2022. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.

[img] Text
MEMI SILVIA (191000213461041) .pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di RSUD Prof. Dr. Ma. Hanafiah Sm Batusangkar Tahun 2022 terlihat beberapa keluhan responden mengenai pelayanan yang lama, ruang tunggu tidak mencukupi, sering terjadinya kekosongan obat yang mengakibatkan pasien susah mencari obat sehingga harus membeli obat di luar rumah sakit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di RSUD Prof. Dr. Ma. Hanafiah Sm Batusangkar pada tahun 2022. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh pasien rawat jalan dengan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap variabel tampilan fisik dari 100 responden 41 orang (41%) menyatakan tidak puas dan 59 orang (59%) menyatakan puas, variabel keandalan 28 orang (28%) m enyatakan tidak puas dan 72 orang (72%) menyatakan puas, variabel ketanggapan 20 orang (20%) menyatakan tidak puas, dan 80 orang (80%) menyatakan puas, variabel jaminan 19 orang (19%) menyatakan tidak puas, 81 orang (81%) menyatakan puas.variabel empati 24 orang (24%) menyatakan tidak puas dan 76 orang (76%) menyatakan puas. Disimpulkan bahwa rata-rata kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek RSUD Prof. Dr. Ma. Hanafiah Sm. Batusangkar periode Juni 2022 secara keseluruhan sebesar 74% dengan klasifikasi puas. Diharapkan kedepannya apotek rumah sakit meningkatkan pelayanan, fasilitas ruang tunggu, dan pihak manajemen meningkatkan ketersediaan obat agar pasien tidak mencari obat lagi ke luar apotek rumah sakit. Kata kunci : Kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, apotek rumah sakit

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Administrasi Rumah Sakit
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Administrasi Rumah Sakit
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2022 04:21
Last Modified: 28 Nov 2022 04:21
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item