elpina, elpina Etika Guru Dalam Kitab Adabul’alim Wal Muta’alim dan Relevansinya dengan Kode Etik Guru di Indonesia. Other thesis, Pendidikan Agama Islam.
Text
TESIS ELPINA (UMSB).pdf Download (5MB) |
Abstract
Elpina, Nim, 180600286108044 “Etika Guru Dalam Kitab Adabul’alim Wal Muta’alim dan Relevansinya dengan Kode Etik Guru di Indonesia”, Tesis, Padang; Konsentrasi Pendidikan Islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, 2022. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kitabnya Adabul ’Alim wal Muta’allim karangan KH. Hasyim Asy’ari, kitab ini merumuskan etika pendidik dan peserta didik yang bisa menjadi acuan bagi seorang pendidik dalam melaksanakan tugasnya profesinya sebagai seorang guru. Etika seorang pendidik dalam menjalankan tugasnya inilah yang kemudian dikenal dengan kode etik guru dan di Indonesia sendiri kode etik ini diantar dalam Kode Etik Guru Indonesia (KEGI). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kode etik guru menurut KH. Hasyim Asy’ari dan kode etik guru di Indonesia, serta mendeskripsikan relevansi kode etik menurut KH. Hasyim Asy’ari dengan kode etik guru di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dalam bentuk studi tokoh. Adapun teknik dari penulisan ini adalah content analysis atau analisis inti, yakni pengolahan data dengan cara pemilahan tersendiri berkaitan dengan pembahasan dari beberapa gagasan atau pemikiran para tokoh pendidikan yang kemudian dideskripsikan dibahas dan dikritik. Selanjutnya dikategorikan dengan data yang sejenis, dan dianalisis isinya secara kritis guna mendapat informasi yang konkrit, sehingga pada akhirnya dijadikan sebagai langkah dalam mengambil kesimpulan sebagai jawaban dari rumusan masalah yang ada. Hasil pembahasan ini adalah KH Hasyim Asy’ari di dalam kitabnya Adabul ’Alim wal Muta’allim, menekankan kode etik yang harus dimiliki oleh seorang pendidik. KH Hasyim Asy'ari menganggap mengajar sebagai profesi yang sangat sakral, sarat dengan nilai-nilai ibadah dan misi profetik (kenabian). Selain sebagai guru, ia juga harus memiliki tugas, peran, dan tanggung jawab profesional, serta tanggung jawab kepada Tuhannya. Oleh karena itu, tugas terpenting seorang guru pada hakikatnya adalah mendidik manusia di muka bumi sebagai hamba Allah dan Khilafah-Nya, serta mendidik etika guru terhadap kitab sebagai sarana pembelajaran. Relevansi pemikiran KH. Hasyim Asy’ari terkait etika guru dengan Kode Etik Guru, memiliki tingkat relevansi yang cukup signifikan, baik dengan Kode Etik Guru Indonesia (KEGI) yang dikeluarkan oleh PGRI, maupun kode etik guru yang terdapat dalam UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) serta Permendikbud No. 21 tahun 2017 kode etik pengembangan teknologi pembelajaran. Kata Kunci: Etika Guru, Kitab Adabul ’Alim wal Muta’allim, Kode etik gur
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 07:27 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 07:34 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/767 |
Actions (login required)
View Item |