Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Siswa Kelas IV SDIT Al- Qudwah Pesisir Selatan.

Loli Ismar, Ismar Yuliati (2022) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Siswa Kelas IV SDIT Al- Qudwah Pesisir Selatan. Other thesis, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

[img] Text
Skripsi Buku Loli.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : PTK, PMRI, Matematika, SDIT. Banyaknya siswa yang masih memiliki hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran matematika, kesulitan dalam memahami materi, tidak tertarik dengan penjelasan yang disampaikan oleh pendidik, belum mampu menjawab soal-soal terkait materi, tidak adanya umpan balik dari siswa, motivasi belajar siswa kurang dan siswa merasa matematika pelajaran yang menakutkan dan membosankan. Hal inilah yang membuat pendidik harus mempertimbangkan pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran. Maka perlu diadakan perbaikan pada pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada siswa kelas IV SDIT Al – Qudwah Pesisir Selatan agar hasil belajar dapat meningkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keberhasilan penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada proses pembelajaran telah terbukti dari peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDIT Al – Qudwah Pesisir Selatan setelah dilakukannya penelitian. Berikut hasil penilaian pada siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata 67% (Cukup), siklus I pertemuan II 73% (Cukup), siklus II pertemuan I 77% (Baik) dan siklus II pertemuan II 88% (Sangat Baik).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:37
Last Modified: 26 Dec 2022 04:46
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/801

Actions (login required)

View Item View Item