Junita, Tiara (2022) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tema 8 Dengan Media Dringking Straws Dan Kantong Bilangan Pada Siswa Kelas IIc MIN 1 Kota Padang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Skripsi Buku Tiara.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kondisi pembelajaran di Sekolah Dasar masih menggunakan metode ceramah. Siswa hanya menjadi objek, sehingga kurang mendorong potensi siswa untuk berkembang. Untuk itu dibutuhkan Pembelajaran matematika menggunakan Media pembelajaran Dringking Straws dan kantong bilangan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IIc MIN 1 Kota Padang dengan media Dringking straws dan kantong bilangan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IIc MIN 1 Kota Padang. berjumlah 26 orang pada tahun ajaran 2021/2022, Penelilitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil dalam penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Dilihat dari hasil penilaian RPP siklus I pertemuan I adalah 82% (Baik), siklus I pertemuan II 83% (Baik), siklus II pertemuan I adalah 95% (Sangat Baik), dan pada siklus II pertemuan II 97% (Sangat Baik). Hasil pengamatan aktivitas guru siklus I pertemuan I 75% (Cukup), siklus I pertemuan II 82% (Baik), siklus II pertemuan I 96% (Sangat Baik), dan Siklus II pertemuan II adalah 98% (Sangat Baik). Hasil penilaian aktivitas siswa siklus I pertemuan I 62% (Kurang), siklus I pertemuan II 76% (Baik), siklus II pertemuan I adalah 91% (Sangat Baik), dan pada siklus II pertemuan II adalah94% (Sangat Baik). Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata 65% (Cukup), siklus I pertemuan II 74% (Cukup), siklus II pertemuan II adalah 85% (Baik), dan pada Siklus II Pertemuan II adalah91% (Sangat Baik).
Actions (login required)
View Item |