Paujiah, Rambe (2022) Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Penguasaan Maharah Qira’ah siswa kelas VIII.C MTsS di Tarbiyah Islamiyah Batang Kabung. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
file 1-5 ziah pdf.pdf Download (3MB) |
Abstract
Bahasa Arab adalah salah satu mata pelajaran wajib diakalangan Pondok Pesantren, yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi dan sebagai ilmu pengetahuan. Untuk bisa mempelajari bahasa Arab lebih mudah harus menggunakan metode dan media sederhana ataupun yang berbasis teknologi. Namun dalam pemilihan metode dan penggunaan media tersebut harus disesuaikan dengan keterampilan yang ingin dicapai baik itu Maharoh kalam, Maharoh Kitabah, Maharah kira’ah dan Maharah Istima’. Agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik tentunya membutuhkan media sebagai penunjang keberhasilan proses pembelajaran, dalam pembelajaran Bahasa Arab itu sendiri terdapat tiga jenis media yang bisa untuk digunakan yaitu: Media Audio, Media Visual, Media Audio Visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media visual gambar dalam meningkatkan penguasaan Maharah Qira’ah siswa kelas VIII.C di MTsS TI Batang Kabung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII.C MTs Tarbiyah Islamiyah Batang Kabung Kota Padang dengan jumlah keseluruhan 19 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media yang digunakan di kelas VIII.C MTsS Tarbiyah Islamiyah ialah spidol, papan tulis, buku paket, dan terkadang mengggunakan infokus jika memungkinkan. Kemudian untuk pembelajaran Maharah Qira’ah menggunakan media visual gambar dan juga memanfaatkan alat-alat seadanya. Kata Kunci : Penggunaan Media Visual, Meningkatkan penguasaan Maharah Qira’ah
Actions (login required)
View Item |