Gambaran Etika Karyawan dan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Poli Interne Rumah Sakit Umum Daerah M. Natsir Solok Tahun 2021

Niswatul, Atiqah (2021) Gambaran Etika Karyawan dan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Poli Interne Rumah Sakit Umum Daerah M. Natsir Solok Tahun 2021. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.

[img] Text
18004 Niswatul Atiqah.pdf

Download (7MB)

Abstract

Etika adalah prilaku yang memperhatikan perbuatan baik bagi kelompok tertentu. Kualitas pelayanan kesehatan adalah memberikan kesempurnaan pelayanan untuk tercapainya harapan pelanggan. Hasil observasi yang lakukan di RSUD M.Natsir solok terdapat masalah di poli interne karena berbagai alasan diantaranya banyak pasien rawatan sehingga dokter tidak mapu melayani pasien yang banyak dan mengakibatkan pelayanan tidak efesien dan masih ada pasien mengeluh atas pelayanan perawat di poli interne. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran etika karyawan dan kualitas pelayanan kesehatan di poli interne. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deksriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, kuisioner dan dokumentasi. populasi pada penelitian yaitu pasien poli interne. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling aksidental. Analisa data yang digunakan peneliti yaitu data kuantitatif yang berkaitan dengan data angka atau bilangan. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata responden menjawab baik 18 orang (60%) terhadap etika karyawan di Rumah Sakit Umum Daerah M. Natsir Solok salah satunya cara perawat dalam berpakaian, berbicara dan bertanya. Namun masih terdapat beberapa responden menjawab kurang baik 12 orang (40%) terhadap etika karyawan diantaranya ekspresi perawat dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Hasil penelitian ini rata-rata responden menjawab baik 9 orang (30%) terhadap kualitas pelayanan yang diberikan, masih terdapat beberapa responsden yang menjawab kurang baik 21 orang (70%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari 30 responden yang menyatakan baik sebanyak 18 orang (60 orang), menyatakan kurang baik 12 orang (40%) terhadap etika karyawan Dari 30 responden yang menyatakan baik 9 orang (30%) dan menyatakan kurang baik 21 orang (70%). Saran dari penelitian ini adalah diharapkan Rumah Sakit Umum Daerah M. Natsir Solok dapat mempertahankan dan meningkatkan lagi kualitas pelayanan pada pasien rawat jalan. Kata Kunci : Etika Karyawan, Kualitas pelayanan, poli interne

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Administrasi Rumah Sakit
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Administrasi Rumah Sakit
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:33
Last Modified: 26 Jan 2023 02:33
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/969

Actions (login required)

View Item View Item