Gambaran Sistem Pelayanan Administrasi Dalam Penerimaan Pasien BPJS Kesehatan di IGD RSUD M. Natsir Solok Tahun 2021

Maisa, Wulandari (2021) Gambaran Sistem Pelayanan Administrasi Dalam Penerimaan Pasien BPJS Kesehatan di IGD RSUD M. Natsir Solok Tahun 2021. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.

[img] Text
18012 Maisa Wulandari.pdf

Download (17MB)

Abstract

Pelayanan administrasi merupakan salah satu bentuk pelayanan yang ada di IGD rumah sakit, administrasi tidak hanya tentang mencatat dan mendaftarkan pasien, tetapi juga memiliki unsur manajemen. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS bekerja sama di beberapa rumah sakit salah satunya RSUD M. Natsir Solok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran fungsi manajemen Sistem pelayanan administrasi dalam penerimaan pasien BPJS Kesehatan di IGD RSUD M. Natsir Solok. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dengan petugas administrasi dalam penerimaan pasien BPJS kesehatan di IGD RSUD M. Natsir Solok. Selain wawancara, pengumpulan data juga dilakukan dengan dokumentasi untuk memperoleh data yang belum peneliti dapatkan dengan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) planning yaitu pihak rumah sakit khususnya di IGD mengatur tentang penerimaan pasien berdasarkan sistem triase, (2) organizing yaitu berkerja sesuai SPO yang telah dibuat oleh pihak rumah sakit, (3) actuating yang meliputi SDM dan sarana prasarana yang telah sesuai dengan standar akreditasi dan sistem teknologi nya sudah berjalan secara otomatis, (4) controlling yaitu pengawasan yang dilakukan secara langsung kelapangan untuk memantau staff jika terdapat kendala. Kesimpulannya bahwa dalam konsep manajemen, pihak rumah sakit telah sesuai mengerjakan tugas nya dengan apa yang telah ditetapkan oleh rumah sakit, dan sejalan dengan teori. Kadang terdapat kendala pada sistem jaringan, diharapkan agar pihak RSUD M. Natsir Solok memastikan sistem jaringan untuk kebutuhan pelayanan pasien BPJS kesehatan berjalan dengan baik, sehingga pelayanan dapat berjalan dengan efektif dan efesien. Kata Kunci :Sistem Pelayanan Administrasi, Penerimaan Pasien BPJS Kesehatan, IGD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Administrasi Rumah Sakit
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Divisions: Library of Congress Subject Areas > Administrasi Rumah Sakit
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Fakultas Kesehatan > Administrasi Rumah Sakit
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:57
Last Modified: 26 Jan 2023 02:57
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/979

Actions (login required)

View Item View Item