Novia, Syofyandika (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Tourism Information Center Terhadap Kepuasan Pengunjung Taman Margasatwa Dan Budaya Kinantan Kota Bukittinggi. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
17011 Novia Syofyandika.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan Kota Bukittinggi tahun 2021. Latar belakang, penelitian ini menjelaskan kualitas pelayanan Tourism Information Center di objek wisata Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan yang merupakan salah satu tolak ukur kepuasan pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan Tourism Information Center yang diukur dari kehandalan, daya tanggap, jaminan, bukti fisik, dan perhatian terhadap kepuasan pengunjung. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Populasi penelitian adalah pengunjung Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan sebanyak 1.911.859 orang dengan sampel penelitian 100 responden yang diperoleh menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling berupa accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis ini adalah analisis regresi linier berganda, Uji T, Uji F dan koefisien determinasi (R ) Hasil penelitian melalui uji signifikansi secara parsial menyatakan bahwa 2 kehandalan,daya tanggap, empati dan jaminan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung, sedangkan bukti fisik berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pengunjung Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Uji f diperoleh nilai f hitung sebesar 21,572 > dari f tabel 3,093 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak Ha diterima. Pengujian koefisien determinasi (R ) diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,510 atau 51% yang berarti terdapat hubungan yang cukup erat antara kualitas pelayanan Tourism Information Center terhadap kepuasan pengunjung. 2 Kata Kunci: Kualias pelayanan dan kepuasan pengunjung
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pariwisata > Perhotelan |
Divisions: | Library of Congress Subject Areas > G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan Fakultas Pariwisata > Perhotelan |
Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 03:05 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 03:05 |
URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/1049 |
Actions (login required)
View Item |