Analisis Kritis Penggunaan Sumber Belajar Bahasa Arab dalam Wacana Perkaderan Ulama Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah

Mahyudin, Ritonga and Zulfardi, Darussalam (2019) Analisis Kritis Penggunaan Sumber Belajar Bahasa Arab dalam Wacana Perkaderan Ulama Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah. In: PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL KEBAHASAAN, 9-12 Juli 2019, Jakarta.

[img] Text
Proceding Kemdikbud_merged.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sampai saat ini alumni Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat belum menunjukkan kontribusinya pada majelis tarjih dan tajdid Muhammadiyah, permasalahan ini tidak terlepas dari kompetensi bahasa Arab yang belum memadai. Rendahnya kemampuan berbahasa Arab para alumni tidak terlepas dari sumber belajar yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan aspek muatan sumber belajar bahasa Arab dalam kaitannya dengan kompetensi kebahasaaraban yang dibutuhkan kader ulama tarjih dan tajdid Muhammadiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis. Sumber data ialah bahan ajar bahasa Arab yang digunakan di Fakultas Agama Islam dan pedoman perkaderan ulama tarjih Muhammadiyah. Teknik pengumpulan data dengan membaca secara cermat sumber, reduksi dan klasifikasi sesuai topik permasalahan. Hasil analisis menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di Fakultas Agama Islam belum terintegrasi dengan misi perkaderan ulama tarjih dan tajdid Muhammadiyah. Kesimpulan ini didasarkan pada muatannya yang terfokus pada kosakata (mufradat) dari masing-masing topik, dilanjutkan materi percakapan (hiwar), dan bacaan (qiro’ah). Sementara kompetensi yang dibutuhkan kader ulama tarjih adalah pemahaman nahwu, sharaf, manthiq dan balaghah. Kata kunci: Sumber Belajar, Bahasa Arab, Perkaderan, Ulama Tarjih

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 27 Oct 2021 16:11
Last Modified: 29 Oct 2021 04:53
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item