Isma, Muzila Tunil (2024) Pengembangan Media Animasi Berbasis Animaker pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 4 di Kelas III SDIT Almarhamah Kabupaten Padang Pariaman. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
SKRIPSI KASET MUZILA.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Muzila Tunil Isma, 2024 : Pengembangan Media Animasi Berbasis Animaker pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 4 di Kelas III SDIT Almarhamah Kabupaten Padang Pariaman. Media merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Salah satu media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah video animasi berbasis Animaker. Pemanfaatan media pembelajaran yang kurang menarik dan inovatif dapat membuat peserta didik sulit untuk memahami materi yang diberikan oleh guru khususnya pada keterampilan membaca. Penelitian ini mengembangkan media animasi berbasis animaker yang valid, praktis, dan efektif digunakan pada kegiatan pembelajaran di kelas III SDIT Almarhamah Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian adalah pengembangan (Research and Development). R&D adalah kegiatan untuk membuat produk baru atau mengembangkan produk yang sudah ada pada pembelajaran. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran animasi berbasis animaker memperoleh nilai 85% dengan kriteria sangat valid , yang dilihat dari segi validasi isi, bahasa dan desain. Untuk praktikalitas diperoleh nilai 98% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan 92% untuk kriteria efektif yaitu dari angket peserta didik, soal evaluasi dan quiz. Jadi media pembelajaran Animasi Berbasis Animaker mencapai kriteria valid, praktis dan efektif. Kata kunci : Media, ADDIE, Animaker.
Actions (login required)
View Item |