Pengembangan Media Animasi Berbasis Animaker pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 4 di Kelas III SDIT Almarhamah Kabupaten Padang Pariaman.

Isma, Muzila Tunil (2024) Pengembangan Media Animasi Berbasis Animaker pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 4 di Kelas III SDIT Almarhamah Kabupaten Padang Pariaman. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.

[img] Text
SKRIPSI KASET MUZILA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Muzila Tunil Isma, 2024 : Pengembangan Media Animasi Berbasis Animaker pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 4 di Kelas III SDIT Almarhamah Kabupaten Padang Pariaman. Media merupakan suatu alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Salah satu media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran adalah video animasi berbasis Animaker. Pemanfaatan media pembelajaran yang kurang menarik dan inovatif dapat membuat peserta didik sulit untuk memahami materi yang diberikan oleh guru khususnya pada keterampilan membaca. Penelitian ini mengembangkan media animasi berbasis animaker yang valid, praktis, dan efektif digunakan pada kegiatan pembelajaran di kelas III SDIT Almarhamah Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian adalah pengembangan (Research and Development). R&D adalah kegiatan untuk membuat produk baru atau mengembangkan produk yang sudah ada pada pembelajaran. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran animasi berbasis animaker memperoleh nilai 85% dengan kriteria sangat valid , yang dilihat dari segi validasi isi, bahasa dan desain. Untuk praktikalitas diperoleh nilai 98% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan 92% untuk kriteria efektif yaitu dari angket peserta didik, soal evaluasi dan quiz. Jadi media pembelajaran Animasi Berbasis Animaker mencapai kriteria valid, praktis dan efektif. Kata kunci : Media, ADDIE, Animaker.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media, ADDIE, Animaker
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:15
Last Modified: 18 Mar 2024 07:15
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2530

Actions (login required)

View Item View Item