Putri, Dinda Mahyeni (2024) Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran PPKn Murid Kelas IV SDN 27 Limau Asam Bayang Pesisir Selatan. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.
Text
File CD Dinda.pdf Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Modul ajar merupakan salah satu bentuk inovasi perangkat pembelajaran yang ada dalam kurikulum merdeka, atau yang biasanya disebut dengan RPP. Dari hasil observasi yang dilakukan di sekolah penelitian, penggunaan modul ajar sebagai panduan guru masih sangat kurang. Guru hanya terfokus pada buku pegangan siswa baik untuk menyampaikan materi maupun memberikan tugas yang membuat kegiatan belajar mengajar menjadi kurang inovatif. Untuk itu, dikembangkan Modul Ajar Berbasis Pendidikan Karakter dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang artinya proses pengembangan dan validasi produk Pendidikan. Model yang digunakan adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze, desaign, development, implementation, evaluation. Untuk menguji validitas produk, dilakukan oleh para ahli menggunakan angket validitas, untuk praktikalitas menggunakan angket yang dinilai guru dan untuk efektifitas dinilai oleh murid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Modul Ajar Berbasis Pendidikan Karakter memenuhi kriteria valid dengan nilai 85% dengan kategori sangat valid, untuk hasil praktis 98% dengan kategori sangat praktis, dan hasil efektifitas 93% dengan kategori sangat banyak. Jadi, Modul Ajar Berbasis Pendidikan Karakter ini mencapai kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci : Modul Ajar, ADDIE, Pendidikan Karakter
Actions (login required)
View Item |