Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran PPKn Murid Kelas IV SDN 27 Limau Asam Bayang Pesisir Selatan.

Putri, Dinda Mahyeni (2024) Pengembangan Modul Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran PPKn Murid Kelas IV SDN 27 Limau Asam Bayang Pesisir Selatan. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.

[img] Text
File CD Dinda.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Modul ajar merupakan salah satu bentuk inovasi perangkat pembelajaran yang ada dalam kurikulum merdeka, atau yang biasanya disebut dengan RPP. Dari hasil observasi yang dilakukan di sekolah penelitian, penggunaan modul ajar sebagai panduan guru masih sangat kurang. Guru hanya terfokus pada buku pegangan siswa baik untuk menyampaikan materi maupun memberikan tugas yang membuat kegiatan belajar mengajar menjadi kurang inovatif. Untuk itu, dikembangkan Modul Ajar Berbasis Pendidikan Karakter dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang artinya proses pengembangan dan validasi produk Pendidikan. Model yang digunakan adalah model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze, desaign, development, implementation, evaluation. Untuk menguji validitas produk, dilakukan oleh para ahli menggunakan angket validitas, untuk praktikalitas menggunakan angket yang dinilai guru dan untuk efektifitas dinilai oleh murid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Modul Ajar Berbasis Pendidikan Karakter memenuhi kriteria valid dengan nilai 85% dengan kategori sangat valid, untuk hasil praktis 98% dengan kategori sangat praktis, dan hasil efektifitas 93% dengan kategori sangat banyak. Jadi, Modul Ajar Berbasis Pendidikan Karakter ini mencapai kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci : Modul Ajar, ADDIE, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar, ADDIE, Pendidikan Karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:17
Last Modified: 21 Mar 2024 07:17
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2544

Actions (login required)

View Item View Item