PENGARUH JENIS PRODUK DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN MEBEL RISKI PERABOT DI BUKITTINGGI

Desi, Ariska (2024) PENGARUH JENIS PRODUK DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN MEBEL RISKI PERABOT DI BUKITTINGGI. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI DESI ARISKA KASET.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis produk dan biaya promosi terhadap volume penjualan mebel Riski Perabot di Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh dari laporan – laporan perusahaan yaitu memuat data jenis produk, biaya promosi dan volume penjualan mebel Riski Perabot di Bukittinggi pada tahun 2023. Analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis yaitu secara parsial (t), uji simultan (F) dan koefisien Determinasi (R2). Hasil regresi linear yang diperoleh telah memenuhi uji asumsi klasik sehingga diperoleh Ŷ = 99,492 – 8,216 X1 +2,015 X2. Hasil uji t menunjukkan jenis produk tidak berpengaruh terhadap volume penjualan dibuktikan dengan nilai thitung = - 1,574 < ttabel = 2,364 maka hipotesis (H1) ditolak, biaya promosi berpengaruh terhadap volume penjualan dibuktikan dengan nilai thitung = 2,793 > ttabel 2,364 (H2) diterima. Hasil uji F menunjukkan tidak telrdapat belrpelngarulh yaitul sel cara belrsama-sama variabell indelpelndelnt (jelnis produlk dan biaya promosi) melmpelngarulhi variabell delpelndeln (volulmel pelnjulalan) dibuktikan dengan nilai Fhitulng selbelsar 3,993 delngan Ftabell 4,74 selhingga Fhitulng 3,993 < Ftabell 4,74 delngan tingkat signifikan 0,057 > alpha (0,05). Sedangkan untuk R Square sebesar 0,470 atau 47%. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independent (jenis produk dan biaya promosi) terhadap variabel dependen (volume penjualan) sebesar 47%, sedangkan sisanya 53% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Jenis Produk (X1), Biaya Promosi (X2) dan Volume Penjualan (Y)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jenis Produk (X1), Biaya Promosi (X2) dan Volume Penjualan (Y)
Subjects: D History General and Old World > Manajemen
H Social Sciences > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > S2 Pendidikan Agama Islam
Library of Congress Subject Areas > T Technology > Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Fakultas Pasca Sarjana > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 23 Jul 2024 04:20
Last Modified: 23 Jul 2024 04:20
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/2802

Actions (login required)

View Item View Item