PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 16 SURAU GADANG PADANG

Hasna, Nurjanah (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 16 SURAU GADANG PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
Hasna Nurjanah NIM, 1806002014002.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian berawal dari kenyataan hasil observasi nilai IPA di kelas V belum mencapai KKM, guru tidak menerapkan model pembelajaran saat proses belajar, sehingga peneliti menerapkan model inquiry learning untuk melihat peningkatan hasil pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 16 Surau Gadang Padang. Penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek kelas V SD Negeri 16 Surau gadang, dilakukan 2 siklus setiap siklus 2 kali pertemuan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peningkatan hasil RPP siklus I 76% (B) siklus II 85% (B), aspek guru siklus I 75% (C) aspek guru siklus II 81% (B), aspek siswa siklus I 70% (B) aspek siswa siklus II 81% (B). Hasil belajar kognitif siklus I 64% (C) siklus II 77% (B), afektif siklus I 67 % (C) afektif siklus II 77% (B), psikomotor siklus I 71% (C) psikomotor siklus II 77 % (B). Dapat disimpulkan data menunjukkan inquiry learning meningkatkan hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: PTK, IPA, Model Inquiri Learning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2024 07:45
Last Modified: 18 Sep 2024 07:45
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3017

Actions (login required)

View Item View Item