Hasna, Nurjanah (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 16 SURAU GADANG PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Hasna Nurjanah NIM, 1806002014002.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian berawal dari kenyataan hasil observasi nilai IPA di kelas V belum mencapai KKM, guru tidak menerapkan model pembelajaran saat proses belajar, sehingga peneliti menerapkan model inquiry learning untuk melihat peningkatan hasil pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 16 Surau Gadang Padang. Penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek kelas V SD Negeri 16 Surau gadang, dilakukan 2 siklus setiap siklus 2 kali pertemuan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Peningkatan hasil RPP siklus I 76% (B) siklus II 85% (B), aspek guru siklus I 75% (C) aspek guru siklus II 81% (B), aspek siswa siklus I 70% (B) aspek siswa siklus II 81% (B). Hasil belajar kognitif siklus I 64% (C) siklus II 77% (B), afektif siklus I 67 % (C) afektif siklus II 77% (B), psikomotor siklus I 71% (C) psikomotor siklus II 77 % (B). Dapat disimpulkan data menunjukkan inquiry learning meningkatkan hasil belajar IPA.
Actions (login required)
View Item |