Afifah, Khairani (2024) PERAN GURU KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MEMBENTUK PERILAKU ISLAMI WARGA MUHAMMADIYAH KEPADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH (Studi di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Padang). Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Text
Skripdi fifah fix digabungkan.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini di awali dengan masih adanya berbagai permasalahan terkait perilaku peserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 2 Padang. Adapun pelanggaran perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1). Mengetahui bentuk-bentuk perilaku peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Padang, 2). Mengetahui peran guru kemuhammadiayahan sebagai motivator dalam pembentukan perilaku Islami peserta didik dalam aspek kehidupan pribadi di SMA Muhammadiyah 2 Padang, 3). Mengetahui peran guru kemuhammadiyahan sebagai pembimbing dalam pembentukan perilaku Islami peserta didik dalam aspek kehidupan berorganisasi di SMA Muhammadiyah 2 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif karena penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis mendalam, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Bentuk-bentuk perilaku peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Padang yaitu: masih banyak peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Padang yang malas untuk datang ke sekolah, bolos sekolah, datang terlambat dan berkata kurang baik. 2). Peran guru kemuhammadiayahan sebagai motivator dalam pembentukan perilaku Islami peserta didik dalam aspek kehidupan pribadi di SMA Muhammadiyah 2 Padang adalah dengan memberikan motivasi, arahan dan nasehat serta memberikan contoh yang baik. 3). Peran guru kemuhammadiyahan sebagai pembimbing dalam pembentukan perilaku Islami peserta didik dalam aspek kehidupan berorganisasi di SMA Muhammadiyah 2 Padang yaitu mengajarkan dan membina perilaku Islami Muhammadiyah peserta didik dimana pembinaan itu tidak maksimal disebabkan guru kemuhammadiyahan tidak diberikan tugas membina organisasi peserta didik hanya mengajarkan Al-Islam Kemuhammadiyahan di kelas.
Actions (login required)
View Item |