EVALUASI PENGARUH KOMUNIKASI WAITER / WAITRESS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI CAFÉ SINGGAH DE’ SAWAH

Irfan, Akbar (2024) EVALUASI PENGARUH KOMUNIKASI WAITER / WAITRESS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI CAFÉ SINGGAH DE’ SAWAH. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.

[img] Text
20240024 Irfan Akbar.pdf

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS PARIWISATA PROGRAM STUDI D-VI PERHOTELAN Proyek Akhir, 23 Agustus 2024 Irfan Akbar Evaluasi Pengaruh Komunikasi Waiter / Waitress Terhadap Kualitas Pelayanan Di Café Singgah de’ Sawah ABSTRAK Irfan Akbar (2024). Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau informasi dari satu pihak kepada pihak lainnya sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Komunikasi dapat dilakukan secara lisan atau non verbal. Waiter/Waitress adalah seorang pelayan atau pramusaji yang ada disetiap restoran yang mempunyai tugas dan tanggung jawab melayani kebutuhan makanan dan minuman secara profesional bagi para pelanggan restoran. kualitas pelayanan adalah suatu keadaan dinamis yang berkaitan erat dengan produk, jasa, sumber daya manusia, serta proses dan lingkungan yang setidaknya dapat memenuhi atau malah dapat melebihi kualitas pelayanan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh komunikasi waiter/ waitress terhadap kualitas pelayanan di cafe Singgah de’ Sawah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif eksplorasi , dimana nilai variabel bebas baik satu variabel atau lebih. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian terapan evaluasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 95 orang responden. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengumpulan data. Untuk melihat hubungan antar variabel digunakan uji statistik yaitu SPSS versi 29. Hasil penelitian ini adalah dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa bijaksana dan kesopanan serta berbagi informasi adalah faktor komunikasi yang berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan. Keduanya perlu mendapatkan perhatian lebih dalam pelatihan dan pengembangan kompetensi waiter/waiters. Penerimaan umpan balik, memberikan informasi tugas, dan mengurangi ketidakpastian tugas tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan. Ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan area perbaikan atau integrasi yang perlu dilakukan agar faktor-faktor ini bisa lebih berkontribusi pada peningkatan kualitas pelayanan. Kata Kunci : Evaluasi Pengaruh Komunikasi Terhadap Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan
D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pariwisata > Perhotelan
Divisions: Library of Congress Subject Areas > G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan
Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan
Fakultas Pariwisata > Perhotelan
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2024 08:31
Last Modified: 24 Oct 2024 08:31
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3239

Actions (login required)

View Item View Item