Dinul, Akmal (2025) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP KUANTITAS DAN KUALITAS PEMAHAMAN MUFRADAT BAHASA ARAB PESERTA DIDIK MIN 3 KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
SKRIPSI Dinul Akmal.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pengaruh metode bernyanyi terhadap hasil belajar anak bisa berdampak positif dan negative. Adapun pengaruh positif yang didapatkan anak jika mendapatkan pembelajaran metode bernyanyi terlaksana dengan baik, maka anak akan lebih mudah menghafal mufradat untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh metode bernyanyi terhadap kuantitas dan kualitas pemahaman peserta didik terhadap mufradat bahasa arab peserta didik min 3 kota padang. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan design korelasi yang didukung oleh data primer. Cara memperoleh data yaitu melalui pengisian kuesioner/ angket yang dijawab oleh responden. Instrumen yang digunakan adalah observasi, pengisian angket, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik MIN 3 Kota Padang. Hasil dari penelitian ini adalah metode bernyanyi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kuantitas dan kualitas pemahaman mufradat bahasa arab peserta didik dimana nilai sig 0,000 < 0,05 atau t- hitung 6.287 > t- tabel 1.710. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara metode bernyanyi terhadap kuantitas dan kualitas pemahaman mufradat bahasa arab di MIN 3 Kota Padang.
Actions (login required)
![]() |
View Item |