Asmaul, Husna (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK(LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SDN 02 RANAH BATAHAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
SKRIPSI ASMAUL HUSNA - COVER - BAB I.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ASMAUL HUSNA - BAB II - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi belum tersedianya LKPD yang sesuai dengan kurikulum merdeka di SDN 02 Ranah Batahan. Guru hanya menggunakan buku ajar dan LKPD yang telah ada dan kurang menarik dari segi tampilan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKPD berbasis RME untuk pembelajaran matematika kelas III yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahapan: Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validasi dilakukan oleh validator melalui angket, kepraktisan dinilai oleh guru, dan efektivitas melalui angket murid dan hasil belajar yang terdiri dari 30 murid. Hasil validasi menunjukan bahwa LKPD memperoleh nilai 87% (sangat valid) dari aspek bahasa, isi, dan desain. Kepraktisan memperoleh nilai 96% (sangat praktis), dan efektivitas sebesar 89%(sangat efektif). Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis RME yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika kelas III SD.
Actions (login required)
![]() |
View Item |