Rezi, Safitri (2025) PENGEMBANGAN MODEL PjBL MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS IV SDN 12 KABUPATEN PASAMAN BARAT. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
![]() |
Text
Skripsi Rezi Safitri - Cover - Bab I.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi Rezi Safitri - Bab II - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya peran dan keikut sertaan murid di kelas IV SDN 12 Kabupaten Pasaman Barat dalam proses pembelajaran yang terjadi akibat kurangnya kreatifitas dan variasi guru dalam penggunaan media dan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan memecahkan permasalahan yang ada melalui penelitian dan pengembangan model Project Based Learning (PjBL) menggunakan media ular tangga pada mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 12 Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Hannafin and Peck yang terdiri dari 3 fase, yaitu analisis kebutuhan (need analysis), desain (design), pengembangan & implementation (development & implementation). Produk kemudian diuji validitas kepada validator, praaktikalitas diuji oleh guru dan efektifitas angket dan hasil belajar diuji kepada murid kelas IV dengan jumlah 22 murid. Hasil dari penelitian pengembangan model Project Based Learning (PjBL) menggunakan media ular tangga pada mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar di kelas IV SDN 12 Kabupaten Pasaman Barat memperoleh nilai validitas sebesar 90% dengan kategori sangat valid, nilai praktikalitas sebesar 92% dengan kategori sangat praktis dan nilai efektifitas sebesar 84% dengan kategori sangat efektif. sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian pengembangan model PjBL menggunakan media ular tangga ini valid, praktis dan efektif.
Actions (login required)
![]() |
View Item |