PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 49 BATANG KABUNG KOTA PADANG

Mechia, Herni (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 49 BATANG KABUNG KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI MECHIA HERNI - BAB II-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
SKRIPSI MECHIA HERNI - COVER-BAB I.pdf

Download (6MB)

Abstract

Salah satu media dalam kurikulum merdeka adalah LKPD, yang membantu guru dan murid dalam pembelajaran. Permasalahan yang ada dalam LKPD saat ini berasal dari penerbit, pertanyaan-nya kurang menarik dan desain kurang meningkatkan hasil belajar murid di kelas IV SD Negeri 49 Batang Kabung Kota Padang, peneliti mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning pembelajaran IPAS. Untuk memastikan bahwa LKPD yang dihasilkan memenuhi standar yang valid, praktis, dan efektif untuk mendukung proses pembelajaran. Jenis penelitian dan pengembangan (R&D) digunakan untuk membuat produk dan menguji kinerjanya dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan model Borg and Gall. Produk divalidasi oleh validator dengan menggunakan angket validitas, dan aspek praktikalitas dinilai oleh guru dengan angket efektifitas, yang dinilai oleh 20 murid dalam sabjek penelitian. Hasil dari penelitian LKPD berbasis Problem Based Learning menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning mencapai kriteria valid, praktis, dan efektif, dengan nilai 87% dalam kategori sangat valid untuk hasil validasi isi, desain, dan bahasa. Hasil angket tampilan, penggunaan produk LKPD dan kesesuain waktu memiliki nilai 91% dalam kategori sangat praktis dan hasil efektifnya adalah 92% dalam kategori sangat efektif .

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Problem Based Learning, IPAS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2025 04:34
Last Modified: 16 Oct 2025 04:34
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3758

Actions (login required)

View Item View Item