Mechia, Herni (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 49 BATANG KABUNG KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
SKRIPSI MECHIA HERNI - BAB II-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
|
Text
SKRIPSI MECHIA HERNI - COVER-BAB I.pdf Download (6MB) |
Abstract
Salah satu media dalam kurikulum merdeka adalah LKPD, yang membantu guru dan murid dalam pembelajaran. Permasalahan yang ada dalam LKPD saat ini berasal dari penerbit, pertanyaan-nya kurang menarik dan desain kurang meningkatkan hasil belajar murid di kelas IV SD Negeri 49 Batang Kabung Kota Padang, peneliti mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning pembelajaran IPAS. Untuk memastikan bahwa LKPD yang dihasilkan memenuhi standar yang valid, praktis, dan efektif untuk mendukung proses pembelajaran. Jenis penelitian dan pengembangan (R&D) digunakan untuk membuat produk dan menguji kinerjanya dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini menggunakan model Borg and Gall. Produk divalidasi oleh validator dengan menggunakan angket validitas, dan aspek praktikalitas dinilai oleh guru dengan angket efektifitas, yang dinilai oleh 20 murid dalam sabjek penelitian. Hasil dari penelitian LKPD berbasis Problem Based Learning menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning mencapai kriteria valid, praktis, dan efektif, dengan nilai 87% dalam kategori sangat valid untuk hasil validasi isi, desain, dan bahasa. Hasil angket tampilan, penggunaan produk LKPD dan kesesuain waktu memiliki nilai 91% dalam kategori sangat praktis dan hasil efektifnya adalah 92% dalam kategori sangat efektif .
Actions (login required)
![]() |
View Item |
