Fauzil, Machfuzd (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS DI KELAS IV MIN 2 KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
SKRIPSI FAUZIIL MACHFUZD- COVER-BAB I.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
SKRIPSI FAUZIIL MACHFUZD- BAB II-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
E-Modul pembelajaran yang digunakan guru di MIN 2 Kota Padang masih mengunakan modul cetak namun modul tersebut mudah rusak yang memiliki kertas yang tipis seperti modul biasa, dan belum sepenuhnya memanfaatkan E-modul digital. Tujuan dikembangkan E-Modul berbasis Problem Basead Learning yaitu adalah Untuk meningkatkan Hasil pada pembelajaran IPAS murid, baik dalam aspek pengetahuan maupun keterampilan. Problem basead learning mendorong murid untuk berpikir kritis dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dengan cara yang autentik, oleh karena itu maka dikembangkan E-Modul Perbasis Problem Basead Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPAS di kelas IV MIN 2 Kota Padang. Dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D, yang terdiri dari empat fase, yaitu definisi, desain, develod, dan disseminate. Uji validitas produk dilakukan oleh para ahli dengan menggunakan kuesioner validitas, sedangkan untuk praktikalitas dinilai oleh guru melalui kuesioner, dan efektivitas dinilai oleh murid. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pembelajaran IPAS mengunakan E-Modul berbasis Problem Basead Learning memenui kriteria Sangat valid dengan nilai 91% dengan katerogi sangat valid, untuk hasil Praktikalitas dengan nilai 96% dengan kategori sangat Praktis, dan hasil efektifitas dengan nilai 85% dengan kategori sangat efektif. Maka dapat disimpulkan Hasil Pengembangan E-Modul dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPAS.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
