Chairun, Annisa (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA NARASI DENGAN MODEL TECHNOLOGY ENHANCET LEARNING (TEL) DI KELAS III SDN 05 SIKALADI KAB. SIJUNJUNG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
SKRIPSI CHAIRUN ANNISA - COVER - BAB I.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
SKRIPSI CHAIRUN ANNISA - BAB II - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Model Technology Enhancet Learning (TEL) sebagai alat yang menghubung antar para guru dan murid. Latar belakang yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah untuk membantu murid dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca narasi, karena masih rendahnya kemampuan dan hasil belajar murid untuk membaca teks narasi, dengan metode pembelajaran yang masih konvesional dan kurang memanfaatkan teknologi, Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dalam membaca teks narasi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yaitu peneliti sebagai praktisi untuk memperbaiki praktik pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar murid, Subjek penelitian adalah murid kelas III SDN 05 Sikaladi Kabupaten Sijunjung Berjumlah 23 orang pada tahun ajaran 2025/2026. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus setiap pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakanan 2 Siklus, 4 kali pertemuan tiap siklus 2 Pertemuan. Membaca narasi kegiatan memahami teks narasi, yang merupakan jenis teks yang menceritakan suatu rangkaian peristiwa kejadian, Hasil dalam penelitian membaca narasi mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Dilihat dari hasil penilain Modul siklus I pertemuan I dengan nilai 77% Baik (B) pertemuan II dengan nilai 82% Baik (B) siklus II pertemuan I dengan nilai 82.5% Baik (B) pertemuan II dengan nilai 90% Baik (B) hasil pengamatan aktivitas guru siklus I pertemuan I dengan nilai 85% Baik (B) pertemuan II dengan nilai 85% Baik (B) siklus II pertemuan I dengan nilai 92.5% Sangat Baik (SB) pertemuan II dengan nilai 95% Sangat Baik (SB) Hasil penilaian aktivitas murid siklus I pertemuan I dengan nilai 80% Baik (B) pertemuan II dengan nilai 82.5% Baik (B) siklus II pertemuan I dengan nilai 92.5% Sangat Baik (SB) pertemuan II dengan nilai 92.5% Sangat Baik (SB).
Actions (login required)
![]() |
View Item |
