PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA NARASI DENGAN MODEL TECHNOLOGY ENHANCET LEARNING (TEL) DI KELAS III SDN 05 SIKALADI KAB. SIJUNJUNG

Chairun, Annisa (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MEMBACA NARASI DENGAN MODEL TECHNOLOGY ENHANCET LEARNING (TEL) DI KELAS III SDN 05 SIKALADI KAB. SIJUNJUNG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI CHAIRUN ANNISA - COVER - BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI CHAIRUN ANNISA - BAB II - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Model Technology Enhancet Learning (TEL) sebagai alat yang menghubung antar para guru dan murid. Latar belakang yang mendasari dilakukannya penelitian ini adalah untuk membantu murid dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca narasi, karena masih rendahnya kemampuan dan hasil belajar murid untuk membaca teks narasi, dengan metode pembelajaran yang masih konvesional dan kurang memanfaatkan teknologi, Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dalam membaca teks narasi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, yaitu peneliti sebagai praktisi untuk memperbaiki praktik pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar murid, Subjek penelitian adalah murid kelas III SDN 05 Sikaladi Kabupaten Sijunjung Berjumlah 23 orang pada tahun ajaran 2025/2026. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus setiap pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakanan 2 Siklus, 4 kali pertemuan tiap siklus 2 Pertemuan. Membaca narasi kegiatan memahami teks narasi, yang merupakan jenis teks yang menceritakan suatu rangkaian peristiwa kejadian, Hasil dalam penelitian membaca narasi mengalami peningkatan dari siklus ke siklus. Dilihat dari hasil penilain Modul siklus I pertemuan I dengan nilai 77% Baik (B) pertemuan II dengan nilai 82% Baik (B) siklus II pertemuan I dengan nilai 82.5% Baik (B) pertemuan II dengan nilai 90% Baik (B) hasil pengamatan aktivitas guru siklus I pertemuan I dengan nilai 85% Baik (B) pertemuan II dengan nilai 85% Baik (B) siklus II pertemuan I dengan nilai 92.5% Sangat Baik (SB) pertemuan II dengan nilai 95% Sangat Baik (SB) Hasil penilaian aktivitas murid siklus I pertemuan I dengan nilai 80% Baik (B) pertemuan II dengan nilai 82.5% Baik (B) siklus II pertemuan I dengan nilai 92.5% Sangat Baik (SB) pertemuan II dengan nilai 92.5% Sangat Baik (SB).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Membaca Narasi, Technology Enhancet Learning.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:56
Last Modified: 20 Oct 2025 07:56
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3764

Actions (login required)

View Item View Item