Hastri, Miyanda (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HOLOGRAM BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 07 TANJUNG PONDOK PESISIR SELATAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
SKRIPSI HASTRI MIYANDA - COVER-BAB I.pdf Download (6MB) |
|
|
Text
SKRIPSI HASTRI MIYANDA - BAB II-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar murid dalam pembelajaran IPAS di SDN 07 Tanjung Pondok Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Hologram berbasis Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV SDN 07 Tanjung Pondok Pesisir Selatan untuk meningkatkan motivasi belajar murid. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Subjek penelitian adalah murid kelas IV B SDN 07 Tanjung Pondok Pesisir Selatan dengan berjumlah 19 murid. Produk penelitian berupa media Hologram dengan menggunakan video Android yang menampilkan materi secara 3 dimensi dan dilengkapi dengan suara. Media tersebut divalidasi oleh validator, dan hasilnya 88% masuk kategori “Sangat Valid”. Untuk menguji kepraktisan, media ini diujikan oleh guru dan hasilnya 94% masuk kategori “Sangat Praktis”. Sementara itu, uji efektifitas menunjukkan bahwa media ini mampu meningkatkan motivasi belajar murid dan hasilnya 90% masuk kategori “Sangat Efektif”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Hologram berbasis (PjBL) layak digunakan dalam pembelajaran IPAS. Media ini mampu menerjemahkan konsep abstrak menjadi bentuk yang konkret, dan menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan sehingga bisa meningkatkan motivasi murid dalam belajar.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
