PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS MODEL REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN 48 GANTING KOTA PADANG

Annisa, Muslimah (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS MODEL REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN 48 GANTING KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI ANISA MUSLIMAH - COVER - BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI ANISA MUSLIMAH - BAB II - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Media pembelajaran berbasis digital sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Namun beberapa sekolah masih jarang menerapkan pembelajaran berbasis digital, contohnya pembelajaran di kelas IV.A SDN 48 Ganting Kota Padang. Akibatnya murid merasa bosan menjalani kegiatan pembelajaran sehingga mempengaruhi minat belajar. Hal tersebut melatar belakangi peneliti melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Articulate Storyline 3 berbasis Model Realistics Mathematics Education terhadap minat belajar matematika kelas IV SDN 48 Ganting Kota Padang. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental design. Jumlah keseluruhan sampel sebanyak 40 murid, dimana kelas eksperimen (IVA) berjumlah 20 murid dan kelas kontrol (IVB) berjumlah 20 murid. Analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik dengan menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Articulate Storyline 3 berbasis Model Realistics Mathematics Education terhadap minat belajar matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis berdasarkan Group Statistics dimana kelas eksperimen memperoleh nilai 83,80 dengan kategori baik sekali dan kelas kontrol memperoleh nilai 64,65 dengan kategori baik. Hasil Kedua dapat dilihat dari uji Independent Sample T-test dengan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan rata- rata minat belajar yang signifikan. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Articulate Storyline 3 ,RME, Minat, Matematika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2025 01:52
Last Modified: 22 Oct 2025 01:52
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3774

Actions (login required)

View Item View Item