Annisa, Muslimah (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS MODEL REALISTICS MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN 48 GANTING KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
SKRIPSI ANISA MUSLIMAH - COVER - BAB I.pdf Download (5MB) |
|
|
Text
SKRIPSI ANISA MUSLIMAH - BAB II - LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Media pembelajaran berbasis digital sangat mempengaruhi proses pembelajaran. Namun beberapa sekolah masih jarang menerapkan pembelajaran berbasis digital, contohnya pembelajaran di kelas IV.A SDN 48 Ganting Kota Padang. Akibatnya murid merasa bosan menjalani kegiatan pembelajaran sehingga mempengaruhi minat belajar. Hal tersebut melatar belakangi peneliti melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Articulate Storyline 3 berbasis Model Realistics Mathematics Education terhadap minat belajar matematika kelas IV SDN 48 Ganting Kota Padang. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental design. Jumlah keseluruhan sampel sebanyak 40 murid, dimana kelas eksperimen (IVA) berjumlah 20 murid dan kelas kontrol (IVB) berjumlah 20 murid. Analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik dengan menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Articulate Storyline 3 berbasis Model Realistics Mathematics Education terhadap minat belajar matematika. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis berdasarkan Group Statistics dimana kelas eksperimen memperoleh nilai 83,80 dengan kategori baik sekali dan kelas kontrol memperoleh nilai 64,65 dengan kategori baik. Hasil Kedua dapat dilihat dari uji Independent Sample T-test dengan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan rata- rata minat belajar yang signifikan. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
