PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA MURID KELAS V SDN 07 IKUR KOTO KOTA PADANG

Annisa Tri, Maharani (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA MURID KELAS V SDN 07 IKUR KOTO KOTA PADANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
SKRIPSI ANNISA TRI MAHARANI-COVER-BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI ANNISA TRI MAHARANI-BAB II-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Canva merupakan media pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk menyampaikan materi dengan tampilan yang menarik sehingga membuat murid fokus dan berminat untuk mengikuti proses pembelajaran. Namun masih banyak guru yang tergolong jarang dalam penggunaan media pembelajaran tersebut, salah satunya adalah pembelajaran dikelas V SD N 07 Ikur Koto. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbantuan canva terhadap minat murid dalam matematika di kelas V karena, penggunaan media pembelajaran memiliki dampak yang signifikan terhadap kemajuan pendidikan sehingga dapat meningkatkan minat belajar matematika murid. Hal tersebut melandasi peneliti untuk menggunakan media pembelajaran interaktif berbantuan canva. Matematika sangat penting bagi murid karena tidak hanya membantu mereka dalam pelajaran tetapi juga membangun cara berpikir yang sistematis, teliti, dan rasional, penelitian ini dilakukan pada materi bangun ruang kubus dan balok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh murid dari kelas I sampai kelas VI SDN 07 Ikur Koto Kota Padang tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 287 murid. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VB yang berjumlah 28 murid dan kelas kontrol yaitu kelas VA yang berjumlah 28 murid. Minat belajar sangat penting untuk pendidikan, karena bisa mempengaruhi motivasi, keterlibatan dan hasil belajar murid. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran interaktif berbantuan canva terhadap minat belajar mcatematika murid. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji t yang menunjukan nilai Sig sebesar 0,000 yang menyatakan < dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat diartikan ada perbedaan yang signifikan perubahan minat belajar matematika kelas kontrol dan perubahan minat belajar kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Canva, Minat, Matematika.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > A General Works > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Kesehatan > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2025 02:17
Last Modified: 22 Oct 2025 02:17
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3776

Actions (login required)

View Item View Item