PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING (GBL) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS IKLAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PADANG PANJANG

Yani, Wiwid Putri (2025) PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING (GBL) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS IKLAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PADANG PANJANG. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2025 (2) - WIWID PUTRI YANI-BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2025 (2) - WIWID PUTRI YANI-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam menulis iklan, yang ditandai dengan kurangnya pemahaman terhadap struktur teks dan kaidah kebahasaan iklan serta terbatasnya variasi model pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran game based learning terhadap keterampilan menulis iklan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padangpanjang tahun pelajaran 2024/2025 yang dilihat dari indikator struktur teks dan kaidah kebahasaan iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain posttest-only control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model game based learning. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes unjuk kerja, observasi aktivitas guru, dan observasi siswa. Data dianalisis mengikuti tahapan yang diawali dengan membaca dan memeriksa teks iklan yang ditulis siswa, mengolah skor keterampilan menulis teks iklan, mengklasifikasikan keterampilan menulis teks iklan, menentukan nilai rata-rata, menampilkan data dalam bentuk histogram, dan pengujian hipotesis. Syarat untuk dapat dilakukan pengujian hipotesis harus melalui tahapan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis iklan siswa pada kelas kontrol secara umum nilai rata-rata 57,23 dengan kualifikasi cukup. Pada kelas eksperimen yang menggunakan model game based learning, nilai rata-rata 75,06 dengan kualifikasi lebih dari cukup. Aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dengan model game based learning juga menunjukkan kualitas baik. Pengujian hipotesis menunjukkkan besaran t hitung 5,386, sedangkan t tabel untuk df n-2 (61) yaitu 1,670. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung 5,386 > t tabel 1,670. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, maka h0 ditolak dan ha diterima, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model game based learning terhadap keterampilan menulis iklan siswa. Dapat disimpulkan bahwa model game based learning terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis iklan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Divisions: Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2025 01:59
Last Modified: 07 Nov 2025 01:59
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3820

Actions (login required)

View Item View Item