Rifalda, Azri (2025) Efektivitas Penggunaan Media Youtube Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP IT Ma’arif Padangpanjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
2025 (2) - Azri Rifalda-BAB I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2025 (2) - Azri Rifalda-BAB II-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal pertama. Siswa masih terkendala menulis teks ulasan sesuai dengan struktur teks ulasan. Kedua, penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal dalam proses pembelajaran. Ketiga, belum diterapkannya media youtube pada materi menulis teks ulasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan keefektivitasan media youtube untuk meningkatkan keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP IT Ma’arif Padangpanjang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan dua kali pertemuan. Pertama, pretest menulis teks ulasan tanpa menggunakan media youtube. Kedua, posttest menulis teks ulasan menggunakan media youtube. Teknik analisis data, pertama, membaca dan memeriksa teks ulasan yang dibuat oleh siswa. Kedua, mengubah dan mengolah skor keterampilan menulis teks ulasan menjadi nilai. Ketiga, mengklasifikasikan keterampilan menulis teks ulasan siswa. Keempat, mengklasifikasikan nilai dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Kelima, menentukan rata-rata keterampilan menulis teks ulasan siswa. Keenam, melakukan uji normalitas. Ketujuh, melakukan uji homogenitas. Kedelapan, melakukan uji hipotesis. Kesembilan, menyimpulkan hasil dan pembahasan. Hasil penelitian ini adalah pertama, keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP IT Ma’arif Padangpanjang tanpa menggunakan media youtube memperoleh nilai rata-rata 54,6 yang berklasifikasi kurang. Kedua, keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP IT Ma’arif Padangpanjang menggunakan media youtube memperoleh nilai rata-rata 67,6 yang berklasifikasi cukup. Ketiga, terdapat efektivitas yang signifikan penggunaan media youtube terhadap keterampilan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP IT Ma’arif Padangpanjang karena thitung 3,896 > ttabel 1,701, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian media youtube efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks ulasan.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
| Divisions: | Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
| Date Deposited: | 07 Nov 2025 02:43 |
| Last Modified: | 07 Nov 2025 02:43 |
| URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
