Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas XI SMK N 2 Padangpanjang

Anjela, Yunia (2024) Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas XI SMK N 2 Padangpanjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2024 (2) - Yunia_Anjela-BAB I.pdf

Download (692kB)
[img] Text
2024 (2) - Yunia_Anjela-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran menulis. 2) siswa kurang menguasai kosakata dan kurang percaya diri dalam menyampaikan gagasan. 3) penggunaan model pembelajaran kurang maksimal. 3) guru kurang kreatif menggunakan model pembelajaran. Hal ini dilihat berdasarkan hasil tes menulis teks berita, di bawah KKTP yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model project based learning terhadap kemampuan menulis teks berita. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan sampel pada penelitian ini kelas XI TKJ 1 dan TKJ 2. Instrumen yang digunakan adalah tes unjuk menulis teks berita dan angket respons siswa. Teknik analisis data melalui tahap 1) membaca dan memeriksa berita yang ditulis siswa sesuai indikator, 2) mengubah atau mengelola skor kemampuan menulis berita dengan nilai, 3) mengklasifikasikan kemampuan menulis berita siswa, 4) mengklasifikasi nilai yang diperoleh ke dalam tabel distribusi frekuensi, 5) menentukan nilai rata-rata kemampuan menulis teks berita. 6) uji normalitas, 7) uji homogenitas, 8) pengujian hipotesis, 9) menampilkan data dalam bentuk histogram, 10) mengolah hasil data angket, 11) menyimpulkan data hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis berita menggunakan model project based learning terdapat peningkatan yang dilihat dari nilai rata-rata kelas kontrol dengan kelas eksperimen, kelas kontrol nilai rata-rata 58,64, sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata 82,41. Secara statistik, pemerolehan hasil thitung lebih dari besar dari ttabel (8,431> 1,298, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model project based learning terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas XI SMK N 2 Padangpanjang. Dengan demikian model PJBL dapat meningkatkan kemampuan menulis berita siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Divisions: Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2025 08:18
Last Modified: 07 Nov 2025 08:18
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3833

Actions (login required)

View Item View Item