Fauziah, Rhesty (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum teaching dalam Menulis Teks Hikayat di SMK Negeri 2 Padangpanjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
|
Text
2024 (2) - RHESTY FAUZIAH-BAB I.pdf Download (468kB) |
|
|
Text
2024 (2) - RHESTY FAUZIAH-BAB II-V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum Merdeka bertujuan menciptakan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan, namun praktik di lapangan menunjukkan bahwa metode ceramah masih dominan di SMKN 2 Padangpanjang, mengakibatkan rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Model quantum teaching diusulkan sebagai alternatif karena fokusnya pada pendekatan yang interaktif dan student-centered, dengan keenam prinsip "TANDUR" untuk menciptakan pengalaman belajar yang aktif dan menyenangkan. Penelitian ini akan mengevaluasi efektivitas model quantum teaching dalam pembelajaran menulis teks hikayat sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran quantum teaching dalam menulis teks hikayat di SMK Negeri 2 Padangpanjang . Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain one-grup pretest-postest. Data penelitian ini adalah hasil belajar menulis teks hikayat. Teknik pengumpulan data yang di lakukan adalah (1) Tes unjuk kerja (2) Wawancara (3) Observasi (4) Angket. Analisis dilakukan dengan cara menghitung nilai rata-rata yang diperoleh dari keterampilan menulis teks hikayat pretest dan posttest.Hasil analisis data Pertama, diperoleh rata-rata hitung keterampilan menulis teks hikayat siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 2 Padangpanjang nilai pretest tergolong Cukup (C),pada rentang 56-65%. Hal ini menyebabkan rata-rata nilai pretest belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum atau (KKM). Kedua, berdasarkan analisis data yang diperoleh rata-rata hitung keterampilan menulis teks hikayat siswa kelas X TKJ 1 SMK Negeri 2 Padangpanjang nilai postest tergolong Baik (B), pada rentang 76-85%. Hasil menulis teks hikayat sebelum menggunakan model pembelajaran quantum teaching dikategorikan cukup dan setelah dilakukan model pembelajaran quantum teaching dikategorikan baik
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
| Divisions: | Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia |
| Depositing User: | Unnamed user with email repo@umsb.ac.id |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 02:49 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 02:49 |
| URI: | http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
