Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Menggunakan Model Project Based Learning Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang

Irfan, Muhammad (2024) Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Menggunakan Model Project Based Learning Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2024 (2) - Muhammad Irfan-BAB I.pdf

Download (612kB)
[img] Text
2024 (2) - Muhammad Irfan-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan menulis argumentasi siswa. Faktor yang menyebabkan kurangnya kemampuan menulis argumentasi siswa di antaranya: (1) siswa belum mampu meyakinkan orang lain atau pembaca, (2) kurang berusaha membuktikan kebenaran suatu pernyataan atau pokok persoalan, (3) belum mampu mengubah atau mempengaruhi pendapat pembaca, (4) fakta yang ditampilkan belum merupakan bahan pembuktian, (5) penulisan kata, dan (6) penggunaan huruf kapital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan argumentasi menggunakan model pembelajaran Project Based Learning siswa kelas XI Muhammadiyah Padangpanjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2023-2024. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan berupa tes unjuk kerja. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan langkah-langkah yang telah ditentukan, yaitu: (1) mengoreksi tulisan argumentasi siswa sesuai dengan indikator penilaian, (2) mengubah skor kemampuan menulis argumentasi menjadi nilai berdasarkan pedoman acuan patokan, (3) pembuatan klasifikasi nilai ke dalam patokan persentasi skala 10, (4) pengklasifikasian nilai siswa per indikator, (5) menentukan nilai rata-rata kemampuan menulis argumentasi, (6) menganalisis dan membahas data, dan (7) menyimpulkan hasil dan pembahasan. Selain melaksanakan tes unjuk kerja, peneliti juga melaksanakan beberapa assesment seperti assesmen diagnostik dan assesmen formatif. Pada assesmen diagnostik peneliti dapat melihat kesiapan siswa terhadap proses pembelajaran seperti menyiapka buku dan alat tulis dan siswa dan mampu menjawab beberapa pertanyaan mengenai materi yang akan diuji dan dipelajari kemudian asessmen formatif dimana siswa mampu menyimpulkan hasil menyimak teks dan pelajaran yang berlansung selama proses pembelajaran. Bersarkan analisis data yang dilakukan, rata-rata kemampuan menulis argumentasi dengan menggunakan model pembelajaran PjBL siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Padangpanjang pada indikator A nilai 76.08 dengan kualifikasi baik. Pada indikator B nilai rata-rata 80,16 pada kualifikasi baik. Pada indikator C nilai rata-rata 64,12 pada kualifikasi cukup. Pada indikator D nilai rata-rata 64.2 pada kualifikasi cukup. Pada indikator E nilai rata-rata 100 pada kualifikasi sempurna. Pada indikator F nilai rata-rata 100 pada kualifikasi sempurna. Nilai rata-rata keseluruhan indikator 85,2. Dengan demikian dapat disimpulkan kualifikasi kemampuan menulis secara umum baik dengan ra-rata nilai 85,2. Dengan demikian, metode pembelajaran PjBL dapat direkomendasikan sebagai salah satu metode pembelajaran menulis khusus argumentasi di sekolah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Divisions: Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2025 03:13
Last Modified: 10 Nov 2025 03:13
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3837

Actions (login required)

View Item View Item