Implikasi Multimedia Interaktif pada Materi Menulis Cerpen Siswa Kelas XI MA KM Muhammadiyah Padangpanjang

Murni, Iis (2024) Implikasi Multimedia Interaktif pada Materi Menulis Cerpen Siswa Kelas XI MA KM Muhammadiyah Padangpanjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2024 (2) - Iis Murni-BAB I.pdf

Download (887kB)
[img] Text
2024 (2) - Iis Murni-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat hal. Pertama, semangat siswa dalam belajar masih sangat kurang. Kedua, minat anak dalam menulis masih sangat rendah. Ketiga, Minimnya guru bahasa indonesia dalam menggunakan multimedia. Keempat, siswa belum memahami penggunaan multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implikasi multimedia interaktif dalam bahasa indonesia pada materi menulis cerpen siswa kelas XI MA KM Muhammaddiyah Padangpanjang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel pada penelitian ini 26 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes unjuk kerja untuk melatih siswa dalam menulis teks cerpen dan angket respon siswa. Teknik analisis data melalui tahapan: 1) membaca hasil cerpen siswa, 2) memeriksa hasil menulis teks cerpen siswa dengan indikator yang dinilai yaitu, kelengkapan aspek formal cerpen, kesesuaian penggunaan bahasa cerpen, kelengkapan struktur penulisan cerpen, kelengkapan unsur pembangun cerpen, 3) mengklasifikasikan nilai siswa berdasarkan panduan skala, 4) mengidentifikasi data, 5) analisis 6) melakukan uji normalitas, 7) melakukan uji homogenitas, 8) melakukan uji korelasi, 9) melakukan uji hipotesis, 10) membahas, 11) menyimpulkan data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks cerpen menggunakan multimedia interaktif terdapat peningkatan yang dilihat dari nilai rata-rata kelas kontrol dengan kelas eksperimen, kelas kontrol nilai rata-rata 51,68, sedangkan kelas eksperimen niai rata-rata 73,19. Secara statistik, diperoleh hasil t hitung lebih besar dari t tabel (4,727 > 2,021), maka Ho ditolak Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media multimedia interaktif terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas XI MA KM Muhammadiyah Padangpanjang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Divisions: Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2025 03:40
Last Modified: 10 Nov 2025 03:40
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3838

Actions (login required)

View Item View Item