Pengaruh Penerapan Media Doratoon Terhadap Hasil Belajar Teks Hikayat Kelas X SMK Cendana Padangpanjang

Rahmawati, Dwi (2024) Pengaruh Penerapan Media Doratoon Terhadap Hasil Belajar Teks Hikayat Kelas X SMK Cendana Padangpanjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2024 (2) - Dwi Rahmawat-BAB Ii.pdf

Download (474kB)
[img] Text
2024 (2) - Dwi Rahmawati-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran menulis. 2) siswa belum dapat menguasai materi teks hikayat. 3) Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran menulis teks hikayat belum maksimal disebabkan sarana dan prasarana yang masih terbatas. 4) siswa kurang memanfaatkan media audio visual secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media doratoon terhadap hasil belajar teks hikayat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan sampel pada penelitian ini 16 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes unjuk kerja untuk siswa dalam menulis teks hikayat dan angket respon siswa. Teknik analisis data melalui tahapan: 1) menganalisis teks hikayat. 2) memeriksa hasil tulisan teks hikayat siswa dengan aspek penilaian yang sudah ditentukan untuk mendapatkan skor, 3) mencatat skor, 4) mengubah skor mentah menjadi nilai, mencari persentase, 5) tabulasi data, 6) mengklasifikasikan nilai siswa, 7) menentukan nilai rata-rata kemampuan menulis teks hikayat, 8) contoh analisis teks hikayat, 9) uji normalitas, 10) pengujian hipotesis, 12) mengolah hasil data angket. 13) membahas, 14) menyimpulkan data penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks eksposisi menggunakan media audio visual terdapat peningkatan yang dilihat dari nilai rata-rata pretest dengan postest , pretest nilai rata-rata 45,43, sedangkan postest nilai rata-rata 89,62. Secara statistik, diperoleh hasil thitung lebih lebih besar dari t tabel (8,598 > 2,042), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media doratoon terhadap hasil belajar teks hikayat kelas X SMK Cendana Padangpanjang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Divisions: Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2025 07:31
Last Modified: 10 Nov 2025 07:31
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3840

Actions (login required)

View Item View Item