Pengaruh Media Film Pendek terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Padangpanjang

Safira, Shinta (2024) Pengaruh Media Film Pendek terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Padangpanjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2024 (2) - SHINTA SAFIRA-BAB I.pdf

Download (840kB)
[img] Text
2024 (2) - SHINTA SAFIRA-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal, Pertama, siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran menulis cerpen. Kedua, siswa kesulitan untuk menuangkan ide atau gagasan dalam menulis cerpen. Ketiga, siswa kurang terampil menulis cerpen. Keempat, belum menggunakan media film pendek dalam pembelajaran menulis cerpen. Kelima, pemilihan media yang kurang tepat untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan tes unjuk kerja pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dua kali pertemuan. Pertama, kelas kontrol tanpa menggunakan media film pendek. Kedua, kelas eksperimen menggunakan media film pendek. Teknik analisis data, pertama, membaca dan memeriksa cerpen yang ditulis siswa. Kedua, mengubah skor menjadi nilai. Ketiga, mengklasifikasikan kemampuan menulis cerpen dengan acuan persentase. Keempat, mengklasifikasikan kemampuan menulis cerpen siswa kelas kontrol dan kelas ekperimen. Kelima, membuat histogram pengaruh penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen secara keseluruhan. Keenam, melakukan uji normalitas. Ketujuh melakukan uji homogenitas. Kedelapan, melakukan uji hipotesis. Kesembilan, menyimpulkan hasil dan pembahasan. Hasil penelitian ini adalah pertama, kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 2 Padangpanjang tanpa menggunakan media film pendek memperoleh nilai rata-rata kelas 45,88 yang berklasifikasi kurang. Kedua, kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 2 Padangpanjang menggunakan media film pendek memperoleh nilai rata-rata kelas 73,76 yang berklasifikasi lebih dari cukup. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMK Negeri 2 Padangpanjang karena t hitung vi 11,200 > t tabel 1, 676, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian media film pendek dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Divisions: Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2025 08:05
Last Modified: 10 Nov 2025 08:05
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3842

Actions (login required)

View Item View Item