Analisis Peran Guru dalam Membentuk Sikap Berbahasa Indonesia pada Siswa SMK N 2 Padangpanjang

Lastika, Lastika (2023) Analisis Peran Guru dalam Membentuk Sikap Berbahasa Indonesia pada Siswa SMK N 2 Padangpanjang. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

[img] Text
2024 (1) -Lastika Sinarmartha-BAB I.pdf

Download (492kB)
[img] Text
2024 (1) -Lastika Sinarmartha-BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

memberikan motivasi kepada siswa agar dapat menanamkan sikap berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Kedua, rendahnya intensitas siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru saat pembelajaran berlangsung di kelas. Ketiga, perlunya penggunaan metode pembelajaran kreatif yang digunakan agar dapat meningkatkan sikap berbahasa Indonesia pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru bahasa Indonesia dalam membentuk sikap berbahasa Indonesia pada siswa SMK N 2 Padangpanjang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengam metode deskriptif. Sampel pada penelitian ini 51 orang. Instrumen yang digunakan adalah pertanyaan berupa angket responden kepada siswa, wawancara kepada guru dibantu dengan menggunakan alat tulis dan alat rekam (handphone) untuk mempermudah pengambilan data. Teknik pengumpulan data penelitian ada 3 yaitu observasi dilakukan dari tanggal 2-9 Agustus 2023, angket untuk siswa, dan wawancara kepada guru bahasa Indonesia. Teknik analisis data penelitian yaitu mengklasifikasikan nilai angket siswa, menentukan nilai rata-rata hasil angket siswa, deskripsi, analisis, pembahasan, dan menyimpulkan data penelitian. Berdasarkan hasil deskripsi data, analisis, dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa skor sikap positif berbahasa siswa yaitu 96 berada pada kualifikasi baik sekali. Skor angket positif siswa mengenai peran guru bahasa Indonesia dalam membentuk sikap berbahasa Indonesia pada siswa SMK N 2 Padangpanjang berada pada kualifikasi baik sekali (96). Skor sikap negatif siswa yaitu 69 berada pada kualifikasi cukup. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa skor hasil angket negatif siswa mengenai peran guru bahasa Indonesia dalam membentuk sikap berbahasa Indonesia pada siswa SMK N 2 Padangpanjang berada pada kualifikasi cukup (69).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Divisions: Library of Congress Subject Areas > N Fine Arts > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Library of Congress Subject Areas > H Social Sciences > Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2025 01:52
Last Modified: 11 Nov 2025 01:52
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/3846

Actions (login required)

View Item View Item