Penerapan Metode 360 Degree Feedback Middle Management Terhadap Penilaian Kinerja Karyawan Hotel Grand Royal Denai Bukittinggi

Ilhamdi, Ilhamdi (2022) Penerapan Metode 360 Degree Feedback Middle Management Terhadap Penilaian Kinerja Karyawan Hotel Grand Royal Denai Bukittinggi. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.

[img] Text
CETAK SKRIPSI ILHAMDI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hotel Grand Royal Denai Bukittinggi salah satu perusahaan di bidang pelayanan (jasa) memiliki 7 departemen. Setiap departemen dipimpin oleh head of depatrtemen (HOD) yang memegang peranan penting pada kegiata operasional peusahaan. Syarat fungsi terhadap organisasi, sejak perusahaan didirikan, penilaian karyawan masih dilakuakn tanpa adanya metode pasti dan bisa dibilang tradisional (atasan menilai bawahan). Kelemahan penilaian ini adalah hasil yang dianggap kurang objektif dan kurang akurat karena tidak melibatkan penilaian dari rekan kerja dan bawahan. Permasalahan ini dapat diseleaikan dengan menggunakan metode 360 Degree Feedback. Metode ini merupakan metode penilaian kinerja karyawan dengan menggunakan berbagai sumber penilaian yang terdiri dari atasan (top), rekan kerja (cowoker), diri sendiri (self/Hod), dan bawahan (bottom) yang mana nantinya akan mengahsilkan gap feedback antara orang lain dengan diri sendiri sebagai dasar untuk perbaikan dan pengembangan serta identifikasi kelebihan dan kelemahan karyawan. Perbaikan dijadikan sebagai faktor koreksi terhadap kompetensi karyawan sebagai dasar untuk penilaian serta perbaikan karyawan untuk kedepanya. Variabel atau parimeter yang digumakan dalam penelitian ini adalah job competency yang mana terdiri dari pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan tingkah laku (behaviour). Hasil penelitian ini menunjukan kepada 3 head of departemen terhadap 3 variabel competency untuk rata-rata penilaian pada 3 head of departemen yaitu head of Front Office, head of F&B Service, dan head of deparyemen Housekeeping. Dan selanjutkan akan mencari analisin GAP untuk melihat kesenjangan penilaian dari orang lain terhadap penilaiann dari diri sendiri. Kata Kunci : Sumber Daya Manusia, 360 Degree Feedback, Penilaian Kinerja

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan
D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Pariwisata > Perhotelan
Divisions: Library of Congress Subject Areas > G Geography. Anthropology. Recreation > Perhotelan
Library of Congress Subject Areas > D History General and Old World > Fakultas Pariwisata > Perhotelan
Fakultas Pariwisata > Perhotelan
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:11
Last Modified: 06 Dec 2022 04:11
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item