Analisis Faktor Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Adinegoro Lubuk Buaya KM 20 Kota Padang

Zulherman, Ajis (2022) Analisis Faktor Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Adinegoro Lubuk Buaya KM 20 Kota Padang. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT.

[img] Text
181000222201157 - ZULHERMAN AJIS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Suatu peristiwa kecelakaan lalu lintas sangat beragam baik dari proses kejadiannya maupun faktor penyebabnya. Untuk kepentingan penanggulangannya diperlukan suatu adanya suatu pola yang dapat menggambarkan karakteristik proses kejadian suatu kecelakaan lalu lintas, agar dapat disimpulkan faktor penyebabnya supaya dapat dirumuskan pula upaya penanggulangannya. Banyaknya kejadian kecelakaan yang terjadi pada ruas jalan Raya Adinegoro Lubuk Buaya KM 20 Kota Padang mengakibatkan banyaknya kerugian, baik kerugian materil dan non materiil pada para pengendara tersebut. Dengan dasar ini perlu dilakukan analisis kecelakaan terhadap tingginya tingkat kecelakaan sehingga dapat diketahui faktor–faktor penyebabnya, daerah rawan kecelakaan (blackspot), dan mencari solusi penyelesaian yang tepat untuk meminimalisasi kecelakaan yang sering terjadi pada ruas jalan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif–analitis. Deskriptif berarti memaparkan suatu kejadian sesuai dengan kondisi yang ada, sedangkan Analitis berarti data–data yang terkumpul disusun, dianalisa dan dijelaskan sesuai dengan parameter yang ada. Model analisis dengan menggunakan Korelasi untuk uji pengaruh ruas jalan terhadap jumlah kecelakaan, uji validitas dan reliabilitas dari pendapat responden tentang faktor kecelakaan pada ruas jalan tersebut. Sehingga diperoleh gambaran kecelakaan yang jelas dan dapat dicari solusi penyelesaiannya.Dari hasil analisa didapatkan faktor–faktor kecelakaan pada ruas jalan Raya Adinegoro Lubuk Buaya KM 20 Kota Padang adalah faktor manusia dengan kelalaian pengendara (79,31 %), faktor pejalan kaki (6,89 %), faktor pengendara (13,79 %). Daerah rawan kecelakaan terdapat pada Km 67 dan didominasi kelalaian pengendara (79,31 %). Salah satu alternatif pencegahan adalah dengan diberi sosialisasi tentang etika berkendara dan mematuhi rambu – rambu lalu lintas. Kata Kunci : Kecelakan, Lalu Lintas, Padang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Teknik Sipil
Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Divisions: Library of Congress Subject Areas > B Philosophy. Psychology. Religion > Teknik Sipil
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with email repo@umsb.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:25
Last Modified: 23 Dec 2022 03:25
URI: http://eprints.umsb.ac.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item View Item